GKR Bendara Buka Merakit Breksi, Antardesa Wisata Perlu Kolaborasi

GKR Bendara dalam pembukaan Merakit Breksi di kompleks wisata Tebing Breksi, Kapanewon Prambanan, Jumat (23/4/2021). - Harian Jogja - Galih Eko Kurniawan
24 April 2021 07:57 WIB Galih Eko Kurniawan Wisata Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Menjelang buka puasa, GKR Bendara secara resmi membuka agenda Merayakan Senja di Tebing Breksi (Merakit Breksi) di Kalurahan Sambirejo, Kapanewon Prambanan, Jumat (23/4/2021).

Bersama Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo serta Direktur BUMDes Sambimulyo Giyatno dan Ketua Pokdwarwis Sambirejo, Mujimin, Bendara secara simbolis memukul kentongan untuk membuka Merakit Breksi.

Agenda Merakit Breksi yang digelar sampai 9 Mei 2021 digarap BUMDes Sambimulyo bersama pengelola Taman Wisata Tebing Breksi Lowo Ijo untuk menyinergikan pegiat ekonomi kreatif dan pelaku wisata di Tebing Breksi.

Bendara menuturkan saat ini sudah bukan saatnya lagi desa-desa wisata bergerak sendiri. Antardesa wisata perlu kolaborasi dan pengelola di Tebing Breksi bisa menjadi contoh bagi desa wisata lainnya.

"Kraton pun terbuka untuk diajak kerja sama. Para penari Kraton bisa tampil di Breksi. Katakanlah membuat tari massal di Breksi sehingga tak hanya di Malioboro saja kalau ada tari massal," tuturnya, Jumat.

Namun, tak kalah pentingnya yakni penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 bagi pengelola maupun pengunjung. Kedisiplinan menerapkan prokes diperlukan agar Breksi tidak sampai menutup loket wisatanya gara-gara ada kasus positif.

Singgih mengungkapkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi sangat diperlukan bagi sebuah desa dalam mengelola objek wisata. Apalagi, Breksi termasuk objek wisata yang tingkat pemesanan via daringnya cukup tinggi.

“Ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk Breksi ketika banyak yang berminat ke sini [Breksi]. Tinggal bagaimana para pengelola bisa memanfaatkan itu dengan segala inovasinya,” tutur Singgih.

Setelah dibuka resmi pada Jumat, sampai 9 Mei 2021 nantinya secara reguler digelar pasar UMKM binaan BUMDes Sambimulyo, parade komunitas foodtruck serta paket buka bersama di restoran Balkondes.

Setiap Sabtu dan Minggu juga akan digelar pentas seni tradisional bertempat di Kedung Punokawan dan aksi komunitas kreatif di Kopi Breksi & Mahika Ayu Stage.