Staycation Jadi Alternatif saat Pelarangan Mudik Lebaran

Foto ilustrasi salah satu penginapan. - Ist.
25 April 2021 07:27 WIB Abdul Hamied Razak Wisata Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Staycation bisa menjadi alternatif bagi masyarakat di tengah larangan mudik oleh pemerintah yang diberlakukan sejak 6 hingga 17 Mei 2021. Masyarakat bisa tetap merayakan libur lebaran dengan berlibur di dekat tempat tinggal tanpa harus keluar kota.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com mengatakan ia mengulitkan program tiket Homes dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang belum bisa pulang kampung untuk merayakan Hari Raya. Mereka masih dapat merayakan Lebaran dengan kerabat terdekat dengan staycation di dalam kota, berasa di rumah walaupun tidak di rumah.

BACA JUGA : KABAR WISATA: Tren Staycation Meningkat di Masa Pandemi

Saat ini, katanya, hunian unik dapat ditemukan di kota Indonesia Jakarta, Bogor, Jogja, Semarang, Malang, Surabaya, Bali dan di luar negeri Singapura dan Thailand. Ia menjamin 100% hunian yang terdaftar sudah mendapatkan label tiket Clean karena menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

“Pilihan alternatif staycation di hunian dalam kota dan di dekat rumah semacam ini hadir pada saat yang tepat, saat ada larangan perjalanan antar kota menjelang mudik, serta program vaksinasi berskala nasional tengah digencarkan oleh pemeringah," ujarnya melalui rilis yg diterima Harianjogja.com, Sabtu (24/4/2021).

Hunian unik dapat digunakan secara kreatif, misalnya untuk work from home tapi away from home untuk meperoleh suasana dan inspirasi baru dalam bekerja. Kemudian, dapat digunakan untuk rehat sejenak dari suasana tempat tinggal sendiri yang membosankan, sehingga akhir pekan terasa lebih berbeda dan unik.

BACA JUGA : Staycation Jadi Pilihan Liburan

Tidak hanya itu, dapat digunakan untuk menjamu acara buka puasa bersama, hingga menjadi rumah untuk menyambut sanak saudara, keluarga, dan kerabat yang berkunjung untuk silaturahmi ketika Lebaran nanti.

Ia menambahkan program yang digulirkan ini turut berpartisipasi dalam program THR (Tiket Hari Raya) untuk membantu masyarakat mampu merencanakan perjalanan atau liburan lebih matang. Termasuk menggunakan THR secara bijak, seperti untuk zakat, perayaan Idulfitri yang bersahaja, hingga menyusun perjalanan atau liburan dekat rumah.

"Tetapi jika sudah bosan dan ingin keluar dari rumah, maka fitur ini adalah sebuah solusi hunian jitu untuk berlibur sejenak," ujarnya.