Viral di Medsos, Begini Daya Tarik Batukaras Pantai Pangandaran

Batu Karas Pantai Pangandaran
16 Mei 2021 13:17 WIB Mia Chitra Dinisari Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Nama Batukaras pantai Pangandaran kini sedang menjadi viral di media sosial, menyusul beredarnya video ribuan orang berkerumun di pantai tersebut saat liburan lebaran 2021.

Akibat dari beredarnya video itu menuai kritik dibukanya tempat wisata saat kebijakan mudik dilarang. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah menyatakan jika akses ke kawasan wisata itu ditutup.

Wisata Batukaras Pangandaran memang sudah lama menjadi salah satu tujuan liburan favorit warga Jawa Barat dan sekitarnya, termasuk saat lebaran. Keindahan pantainya memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

BACA JUGA : Viral Pantai Pangandaran, Petugas Temukan Satu Wisatawan

Dikutip dari IndonesiaKaya.com, Pantai Batukaras terletak tidak jauh dari Pantai Pangandaran dan objek wisata alam Green Canyon (Cukang Taneuh) Ciamis. Jarak pantai ini dari Pangandaran kurang lebih 40 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup besar dan sering dijadikan arena surfing oleh para surfer baik lokal maupun mancanegara. Tidak heran, Pantai Batukaras banyak direkomendasikan komunitas surfing sebagai arena berselancar yang nyaman untuk para surfer terutama bagi para pemula yang ingin belajar surfing.

Selain itu, pantai ini relatif lebih dekat dengan wilayah Jakarta dibandingkan dengan Bali dan Nias yang memang sudah terkenal menjadi daerah favorit para surfer.

Selain untuk surfing, pantai ini juga cocok untuk berenang dan memancing. Salah satu spot yang direkomendasikan untuk kegiatan memancing adalah di Batu Payung yang letaknya disebelah barat pantai dan dapat diakses menggunakan perahu sewaan yang ada disekitar pantai. Bila Anda tidak tertarik dengan kegiatan memancing, Anda bisa mencoba aktivitas lain seperti olahraga air yang bisa dilakukan di pantai ini seperti bermain banana boat yang bisa memacu adrenalin Anda.

BACA JUGA : Jogja Ikut Rasakan Getaran Gempa Pangandaran

Bila dibandingkan Pangandaran, wilayah Batukaras relatif lebih sunyi, asri dan alami. Tempat ini juga dapat menjadi alternatif yang cocok bagi pasangan pengantin baru yang menginginkan bulan madu dengan suasana yang penuh ketenangan. Beberapa hotel dan penginapan tersedia disini dengan kisaran harga bervariasi, namun semuanya relatif terjangkau.

Karena sebagian besar penduduk lokal banyak yang bekerja sebagai nelayan, hasil laut seperti cumi, kepiting dan berbagai jenis ikan segar amat mudah ditemui dengan harga yang terjangkau di pelelangan ikan. Buat Anda pecinta seafood, berbagai kuliner laut segar bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi perut yang lapar sehabis berkeliling pantai ini.

Sementara itu, dikutip dari MyPangandaran.com, memilih Pantai Batukaras sebagai tempat wisata tentu saja bisa menjadikan liburan Anda berkesan. Selain menikmati suasana pantai yang relatih lebih tenang, tempat ini juga bisa Anda jadikan ajang wisata kuliner dengan berkeliling warung-warung yang ada disekitar pantai dan menjajakan beragam pilihan Seafood.

Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini. Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran.

Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru menanti Anda untuk segera berenang menikmati airnya yang segar. Anda bisa nikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi menikmati hidangan di rumah makan yang tersedia. Pandangan lepas ke ujung cakrawala memberi Anda ketenangan dan kenangan berlibur yang menyenangkan.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain berenang antara lain: berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar. Jika liburan Anda bersama keluarga, akomodasi telah tersedia untuk Anda, ada pondok wisata yang dilengkapi dengan arena bermain dan rumah ibadah. Pondok wisata ini dikelola langsung oleh Diparda Kabupaten Ciamis. Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain: Hotel, Camping Ground, Kios Cinderamata, sewaan papan selancar dan ban renang.

Sementara itu, laman MyGreenCanyon menyebutkan jika objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Pantai Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat juga pantainya yang landai membuat pengunjung nyaman berada di pantai Batu Karas, Batukaras ini Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran.

Seperti halnya pangandaran, Batu Karas ini juga mempunya sejarah yang cukup menarik untuk kita ketahui, mari kita simak asal usul atau sejarah objek wisata Pantai batukaras.

Disebutkan bahwa pada zaman dahulu kala ada seorang yang sedang merantau yaitu Rd Raja Katomas beserta istrinya bernama masimah. Mereka berdua merantau dari daerah Bojong Loa, Bojong Genteng lalu ke pesisir pantai. Didaerah pesisir pantai tersebut Rd Raja Katomas bingung untuk memberi nama daerah pesisir tersebut, lalu dikarenakan tempat tersebut diakatakan “Waraas” oleh Rd Raja Katomas yang artinya tinggal wass. Maka diberi namalah daerah tersebut dengan nama “Batukaras”.

Nama Batukaras menurut informasi dari salah satu penduduk desa mengatakan bahwa nama Batukaras berasal dari batu dan karas yang memiliki makna batu yang keras. Batu tersebut berada dipesisir pantai dan dapat ditemui hingga sekarang.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia