Advertisement

Bukit Sibutrong Disiapkan Jadi Destinasi Strategis

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 19 Juni 2021 - 10:17 WIB
Arief Junianto
Bukit Sibutrong Disiapkan Jadi Destinasi Strategis Pemandangan alam dari puncak Bukit Sibutrong - Instagram @bukit_sibutrong

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Bukit Sibutrong terletak di Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Desa ini berbatasan dengan provinsi DIY karena desa tersebut bersebelahan dengan Kalurahan Purwosari di Kapanewon Girimulyo, Kulonprogo, DIY.

Objek wisata ini masih satu kawasan di Pegunungan Menoreh. Lokasi ini diproyeksi menjadi destinasi wisata yang strategis lantaran akan didukung dengan akses Bedah Menoreh dari arah Yogyakarta International Airport (YIA) di pesisir Kulonprogo.

Advertisement

Untuk menuju Bukit Sibutrong, wisatawan bisa menempuh perjalanan selama 35 menit dari pusat Kabupaten Purworejo dengan jarak sejauh 17 kilometer. Sementara jika ditempuh dari YIA, waktu tempuh sekitar dua kali lipat.

Baca juga: Menghitung Gugusan Karang di Puncak Sibutrong

Jika berkunjung pada Sabtu, sempatkan untuk mampir ke Pasar Seton yang terletak tak jauh dari Bukit Sibutrong. Pasar Seton merupakan pasar kambing etawa ras Kaligesing yang kini menjadi ikon Desa Wisata Pandanrejo.

Kambing etawa dijual di Pasar Seton yang menjadi salah satu ikon dari Bukit Sibutrong./Instagram @bukit_sibutrong

Seperti namanya, Pasar Seton hadir setiap hari Sabtu dan menjadi pusat jual beli kambing etawa. Desa ini memang memiliki potensi di bidang peternakan karena masyarakatnya sudah turun temurun dalam pengembangan hewan ternak.

Selain itu, wisatawan juga bisa melanjutkan piknik ke Puncak Gunung Gajah. Daya tarik wisata ini menjual pemandangan Purworejo dan Kulonprogo dari ketinggian 835 meter di atas permukaan air laut (mdpl).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sastrawan Joko Pinurbo Wafat di Usia 61 tahun

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 10:10 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement