Tinggi Menjulang, Inilah Hotel Tertinggi di Dunia

J Hotel Shanghai Tower. - www.hospitalitynet.org
30 Juni 2021 11:07 WIB John Andhi Oktaveri Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Persaingan hotel di Shanghai, China sepertinya kian sengit setelah kehadiran hotel yang diklaim sebagai tempat penginapan tertinggi di dunia.

J Hotel Shanghai Tower, yang dibuka pada 19 Juni, memang bukan sekadar properti kelas atas. Tidak saja diklaim sebagai hotel tertinggi di dunia, J Hotel juga menempati lantai atas Menara Shanghai setinggi 632 meter yang juga merupakan gedung tertinggi di seluruh China.

J Hotel bahkan memiliki 165 kamar dan 34 di antaranya adalah suite. Ada layanan pribadi 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu, kolam renang dalam ruangan serta perlengkapan mandi produk Hermes dan Diptyque.

Ada pula bak mandi berbentuk kelopak kembang magnolia, spa mewah dengan perawatan Reiki dan perlengkapan minum teh China melengkapi setiap kamar.

Memiliki empat tipe suite dengan yang paling mahal adalah Shanghai Suite seluas 380 meter persegi, suite hotel itu juga memiliki ruang tamu, ruang belajar, dapur, area fisioterapi, dan kamar untuk berpakaian.

Akan tetapi, hotel tersebut tidak membalas permintaan CNN Travel untuk menjelaskan soal harga secara detail.

Tarif kamar yang paling murah adalah 3.601 RMB (sekitar US$557) per malam, sedangkan J Suite yang satu tingkat lebih murah dari Shanghai Suite dipatok dengan harga 67.628 RMB per malam (sekitar US$10.467) seperti dikutip CNN.com, Rabu (30/6/2021).

Ada juga tujuh tempat makan yang berbeda di dalam hotel, termasuk restoran Kanton bernama Heavenly Jin di lantai atas yang akan menjadi lantai 120.

Ada juga restoran yang menawarkan makanan Jepang, makanan Italia, dan perjamuan teh sore.

J Hotel dimiliki oleh Jin Jiang International, salah satu perusahaan hotel dan pariwisata milik negara di China.

Peradaban memang telah membuat orang membangun ke arah langit sejak beberapa abad. Teknologi modern turut memicu daya tarik mulai dari Empire State Building hingga Burj Khalifa.

Meskipun laju ekonomi global melambat di tengah pandemi Virus Corona, namun persaingan untuk hotel terbaru, terbaik, dan tertinggi, tampaknya belum berubah.

Ritz Carlton di Hong Kong mengklaim memiliki kolam renang hotel tertinggi dan bar hotel tertinggi di dunia.

Sedangkan di Dubai, ada perebutan gelar hotel tertinggi di kota dan di planet ini. Gevora Hotel setinggi 356 meter (1.168 kaki) secara resmi diakui sebagai hotel tertinggi di dunia oleh Guinness Book of World Records pada tahun 2018.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa gelar hotel tertinggi biasanya hanya diterapkan pada bangunan yang digunakan seluruhnya sebagai hotel, tidak seperti J Hotel, yang hanya menempati bagian atas Menara Shanghai.

Sumber : bisnis.com