Advertisement

5 Kota Ini Paling Dingin di Dunia, Ada Suhu Hingga Minus 129 Derajat

Ayyubi Kholid Saifullah
Senin, 23 Agustus 2021 - 13:17 WIB
Bhekti Suryani
5 Kota Ini Paling Dingin di Dunia, Ada Suhu Hingga Minus 129 Derajat Snag Kanada

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Indonesia adalah negara tropis karena terletak di garis Khatulistiwa. Seperti yang kita ketahui, negara tropis hanya memiliki 2 musim, kemarau dan hujan

Musim hujan adalah salah satu cara negara tropis merasakan dingin, tetapi dingin yang diakibatkan musim hujan masih sangat jauh dari suhu saat musim dingin di berbagai negara sub tropis yang memiliki 4 musim.

Advertisement

Berada di dekat lingkar arktik membuat negara sub tropis merasakan suhu yang turun di bawah titik beku. Namun, orang-orang disana juga telah mengembangkan cara untuk bertahan hidup.

Di dunia ini, setidaknya terdapat 5 kota yang dinginnya akan membuat Anda terpana.

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com Senin (23/08/2021) berikut tempat-tempat yang dapat menjadi destinasi tempat berlibur sambil merasakan suhu paling dingin di dunia.

1. Oymyakon, Rusia

Terletak hanya beberapa ratus kilometer dari Lingkaran Arktik, Oymyakon di Rusia diakui sebagai tempat terdingin di Bumi. Dengan populasi 500 penduduk, desa Rusia ini merasakan suhu rata-rata di bulan Januari turun hingga minus 50 derajat Celcius. Suhu terdingin yang pernah tercatat di sini adalah pada tahun 1933, ketika suhu turun hingga minus 90 derajat Celcius.

2. Snag, Kanada

Snag Kanada juga masuk dalam daftar sebagai salah satu kota terdingin di dunia. Snag adalah sebuah desa di Wilayah Yukon, yang tercatat minus 63 derajat Celcius pada 3 Februari 1947, itu adalah suhu terendah yang pernah tercatat di benua Amerika Utara. Selama musim dingin, tempat itu menjadi sangat dingin sehingga orang biasanya memilih untuk tinggal di dalam rumah untuk menghindari dingin nya es.

3. Utqiagvik, Alaska

Sebelumnya dikenal sebagai Barrow, kota paling utara di Amerika Serikat ini terletak 320 mil ke utara dari Lingkaran Arktik. Ketika matahari terbenam di sini pada 18 atau 19 November, matahari tidak terbit lagi selama 65 hari.

Rata-rata, kota ini menyaksikan suhu di atas titik beku hanya selama 120 hari per tahun, sedangkan untuk sisa 160 hari dalam setahun, suhu Utqiagvik tetap masih di bawah nol derajat.

4. Nuraultan, Kazakstan

Saat musim dingin, suhu di ibu kota ini berkisar antara minus 30 hingga 35 derajat Celcius. Rumah bagi lebih dari 800000 penduduk, Astana adalah ibu kota terdingin kedua setelah Ulaanbaatar, Mongolia. Meskipun bulan-bulan musim panas biasanya hangat, musim dingin di sini panjang, kering, dan sangat dingin.

5. Vostok, Antartika

Terletak sekitar 1000 km dari Kutub Selatan, ini adalah tempat penelitian paling terisolasi di dunia.

Rumah bagi sebagian kecil populasi ilmuwan, Vostok adalah salah satu daerah paling tidak ramah dan terkering di dunia di mana suhu bahkan bisa turun hingga minus 129 derajat Celcius.

Kota ini tidak menerima sinar Matahari dari Mei hingga Agustus. Namun, ketika matahari terbit di sini, Vostok menjadi tempat tercerah di planet ini, dan menerima sekitar 22,9 jam sinar Matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Lifestyle
| Kamis, 18 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement