Begini Tips Traveling Saat Pandemi Biar Aman

Traveling keliling dunia saat pandemi - istimewa
27 Oktober 2021 22:47 WIB Annasa Rizki Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Hidup di masa pandemi memang cukup membuat setiap orang penat dan butuh liburan. Dilema dari hal tersebut adalah kekhawatiran akan terpapar Covid-19. 

Dalam menjaga kesehatan dan keamanan diri serta orang sekitar, ada baiknya untuk melakukan perjalanan setelah mendapatkan dosis lengkap vaksin. 

Sebelum memulai perjalanan, rencanakan terlebih dahulu. Karena banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain tes negatif, pastikan tempat tujuan yang akan dikunjungi aman. 

Berikut ini rekomendasi perjalanan kala pandemi yang dikutip dari CDC, Rabu (27/10/2021):

Rekomendasi untuk orang yang divaksinasi lengkap

Jika Anda sudah sepenuhnya divaksin lengkap, ambil langkah-langkah berikut untuk melindungi orang lain ketika Anda bepergian.

Selama Perjalanan

1. Mengenakan masker di atas hidung dan mulut diperlukan di pesawat, bus, kereta api, dan bentuk transportasi umum lainnya yang bepergian ke, di dalam, atau di luar Amerika Serikat dan saat berada di dalam ruangan pusat transportasi seperti bandara dan stasiun. 

2. Ikuti semua rekomendasi dan persyaratan tempat tujuan, termasuk pemakaian masker dan social distancing.

3. Pertimbangkan kembali lokasi tujuan dengan melihat kasus baru Covid-19. 

4. Sebisa mungkin hindari keramaian.

Setelah Perjalanan

-Pantau ulang untuk gejala COVID-19, isolasi mandiri dan tes antigen/PCR jika Anda mengalami gejala.

-Ikuti semua rekomendasi atau persyaratan pada setiap lokasi yang dikunjungi.

Rekomendasi untuk yang belum divaksin penuh

Bagi Anda yang harus melakukan perjalanan ke luar kota jarak jauh maupun luar negeri, pastikan untuk melakukan tes PCR atau antigen 1-3 hari sebelum perjalanan dimulai. 

Saat melakukan perjalanan, gunakan selalu masker yang menutupi hidung dan mulut, baik di pesawat, bus, kereta, dan transportasi umum lainnya. Hindari kerumunan atau setidaknya jaga jarak mengingat Anda belum vaksin lengkap. 

Saat menaiki kendaraan umum atau mengunjungi berbagai tempat, pastikan sanitasi tangan sebelum makan dan memegang wajah maupun hidung. 

Setelah traveling, ingat, Anda harus menjaga keluarga maupun orang terdekat Anda, karena mungkin Anda membawa virus lainnya. Ikuti langkah berikut saat kembali ke tempat asal, melansir dari CDC. 

1. Lakukan tes 3-5 hari setelah traveling dan jalani karantina mandiri selama 7 hari penuh meskipun hasil tes negatif

2. Jika tidak melakukan tes, karantina mandiri selama 10 hari

3. Hindari orang yang memiliki risiko tinggi penularan selama 14 hari, baik sudah tes ataupun belum

4. Pantau Kesehatan diri bila dirasa ada gejala Covid-19. 

5. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan gejala

6. Ikuti peraturan setempat demi menghindari penularan. 

Setiap negara dan kota memiliki peraturan berbeda tergantung dengan kasus Covid-19 di wilayah tersebut. Pemerintah mungkin memberlakukan pembatasan perjalanan, termasuk persyaratan hasil negatif, perintah tinggal di rumah, dan persyaratan karantina pada saat kedatangan. Untuk informasi terkini dan panduan perjalanan, cari tahu informasi situasi tempat tujuan. 

Bagi Anda yang melakukan perjalanan domestik, pastikan untuk memiliki aplikasi Peduli Lindungi untuk check in di setiap tempat yang dikunjungi.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Sumber : Bisnis.com