Daftar Destinasi favorit untuk Perayaan Malam Tahun Baru di Asia, Jogja Termasuk

Ilustrasi pesta kembang api pada perayaan tahun baru - JIBI
24 Desember 2021 20:07 WIB Newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Agen wisata daring Agoda mengeluarkan daftar destinasi pilihan wisatawan di wilayah Asia untuk merayakan malam pergantian tahun 2021 menuju 2022.

Menurut Agoda, ibu kota menjadi tujuan utama yang mendominasi peringkat destinasi favorit untuk malam tahun baru, termasuk kota Jakarta di Indonesia, Kuala Lumpur di Malaysia, Manila di Filipina, hingga Seoul di Korea Selatan.

“Kota-kota besar kembali dibuka untuk bisnis pada malam tahun baru ini di sebagian besar wilayah, hal ini menambah minat wisatawan untuk berkunjung untuk liburan tahun baru,” kata Wakil Presiden Pengembangan Perusahaan Agoda, Tim Hughes, melalui keterangan resmi pada Jumat (24/12/2021).

Menurut Hughes, perjalanan domestik masih mendominasi rencana perjalanan malam tahun baru 2021. Khusus di Indonesia sendiri, Jakarta tetap menjadi destinasi nomor satu karena menawarkan berbagai hiburan dan aktivitas menarik selama tahun baru.

Selain Jakarta, Bali menjadi destinasi favorit kedua di Indonesia di tengah pelonggaran pembatasan perjalanan oleh pemerintah. Selanjutnya diikuti Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

BACA JUGA: Ada Venue Romantis untuk Pesta Pernikahan di Ibis Styles Yogyakarta

Di luar destinasi perkotaan, destinasi pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan di wilayah Asia. Menurut survei Agoda, pantai-pantai favorit tersebut antara lain berlokasi di Goa (India), Bali (Indonesia), Cebu (Filipina), Pattaya (Thailand), Pulau Jeju (Korea Selatan), dan Penang (Malaysia).

Survei Agoda juga menunjukkan banyak tempat wisata baru yang masuk dalam sepuluh besar tahun ini, termasuk destinasi pantai Pulau Batam (Indonesia), Pulau Andaman dan Nicobar (India), serta Kenting (Taiwan).

Pegunungan hijau subur dan tujuan wisata yang indah, termasuk Khao Kho (Thailand), Bohol (Filipina), dan Ninh Binh (Vietnam) juga mendapatkan popularitas di kalangan wisatawan. Di Vietnam, Sapa dan Dalat menggantikan posisi Hanoi dari tiga besar tahun ini.

Pada tahun ini, destinasi Sapa masuk di tiga besar favorit di Vietnam. Selain itu, Kuching juga berhasil menduduki tiga besar destinasi favorit di Malaysia serta Boracay muncul di tempat kedua untuk Filipina.

Hughes menilai hal tersebut mencerminkan keinginan para wisatawan untuk kembali menjelajahi lebih banyak tempat di satu negara.

Menurut Agoda, tahun ini menggambarkan keinginan wisatawan untuk kembali memanjakan diri setelah sebelumnya menahan diri saat berlangsungnya lockdown yang berulang kali.

Sementara itu, Agoda juga menyebutkan bahwa preferensi hotel bintang 4-5 semakin kuat pada tahun ini dengan meningkatnya jumlah wisatawan Taiwan dan Thailand yang lebih memilih hotel bintang 4-5 dibandingkan bintang 1-3,5 untuk malam tahun baru.

Preferensi hotel tersebut juga terjadi pada wisatawan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, dan Vietnam yang konsisten memilih tempat berbintang 4-5 untuk merayakan datangnya tahun 2022. Di sisi lain, hotel bintang 1-3,5 tetap populer di kalangan wisatawan India, berdasarkan tren 2020.

Berikut daftar lengkap destinasi favorit saat malam tahun baru di Asia yang dirilis Agoda. Data diperoleh berdasarkan data pemesanan Agoda pada 18 Desember 2020 untuk pemesanan malam tahun baru 2020 dan 1 Desember 2021 untuk pemesanan domestik malam tahun baru

Sumber : Antara