Advertisement

Objek Wisata Baru Bakal Dibangun di 4 Gerbang Masuk Borobudur

Newswire
Kamis, 13 Januari 2022 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Objek Wisata Baru Bakal Dibangun di 4 Gerbang Masuk Borobudur Wisatawan dipandu petugas saat melakukan check in aplikasi PeduliLindungi di objek wisata Candi Borobudur, Jumat (17/9/2021). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANGDestinasi wisata baru akan dibangin di sekitar lokasi gerbang kawasan Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Marketing & Sales Vice President PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Pujo Suwarno mengatakan objek wisata anyar itu akan dibuat sesuai tema gerbang.

Pujo Suwarno mengatakan di kawasan Borobudur ada empat gerbang yakni gerbang timur, gerbang utara, gerbang barat, dan gerbang selatan. Empat gerbang gapura pintu masuk ke kawasan wisata Borobudur tersebut berada di Palbapang Kecamatan Mungkid, Blondo Kecamatan Mungkid, Klangon Kecamatan Borobudur, dan Kembanglimus Kecamatan Borobudur.

Advertisement

BACA JUGA: Incaran saat Liburan, Ini 5 Tempat Wisata Berhawa Dingin di Jogja

Ia menyebutkan pengembangan destinasi tersebut diawali di gerbang timur dengan diresmikannya Borobudur Edupark oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Minggu (9/1/2021). Objek wisata itu bertema Yunior Arkeologi untuk seni pahat, sedangkan kegiatan konservasi maupun ekskavasi bisa dilakukan di Studio Borobudur yang ada di kompleks Candi Borobudur.

"Jadi ini ini bagian dari program integrasi berbagai daya tarik yang ada di kawasan Borobudur," katanya, Senin (10/1/2022).

Pujo menyampaikan di gerbang utara akan bertema Kalpataru, dengan konsep semacam Borobudur Botanical Park.

"Hal ini ingin ditampilkan dalam bentuk satu kawasan kebun raya. Orang bisa belajar tentang Borobudur dari sisi tanaman-tanaman yang ada di relief candi. Hal ini sedang kami diskusikan dengan Pemkot Magelang terkait konektivitas antara dua destinasi di Kota Magelang, yakni Kebun Raya Gunung Tidar dan Taman Kyai Langgeng yang sedang kami kurasi dari sisi tanaman-tanaman," katanya.

Menurut dia, hal tersebut akan digunakan sebagai suatu narasi untuk keterkaitan benang merah antara Candi Borobudur dan kawasan sekitarnya. Salah satu contohnya di Taman Kyai Langgeng ada tanaman kalpataru.

Konsep dari gerbang barat  adalah fauna dalam hal ini gajah. Di panel relief Candi Borobudur terdapat 17 cerita binatang (fabel), ada cerita kijang mas, pengorbanan gajah, cerita kelinci dan sebagainya.

"Oleh karena itu, di sekitar lokasi gerbang barat bisa dikembangkan semacam kebun binatang mini," katanya.

Kemudian gerbang selatan dengan tema kemaritiman ada miniatur kapal Samudra Raksa. Ada delapan kapal di panel relief Candi Borobudur.

"Bisa terbayang di sepanjang Kali Progo prototipe kapal yang ada di relief candi ini bisa dipajang di radius sekian kilometer. Artinya ini menjadi trip arung jeram ada short, medium, dan long," katanya.

BACA JUGA: Ingin Minum Teh Enak Sambil Bersantai di Jogja? Ini Tempat yang Cocok

Ia menuturkan konsep-konsep ini masih dikaji, bagaimana ke depan orang tetap bisa bersenang-senang di kawasan Borobudur, tetapi magnetnya tetap Candi Borobudur.

"Kira-kira konsep itu yang sedang kami rumuskan untuk ke depannya. Hal ini bisa menjadi paket terusan ke Candi Borobudur maupun juga wisata reguler," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement