Berwisata di Turki dengan Rp1 Juta, untuk Biaya Apa Saja?

Hagia Sophia, salah satu lanskap ikonik yang menarik wisatawan di Turki. - Istimewa
15 Januari 2022 06:27 WIB Daffa Firdaus Najati/M136 Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Turki menjadi tujuan menarik bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan maupun sekadar berwisata. Ini karena biaya kuliah maupun biaya hidup di negara Mediterania tersebut relatif terjangkau. Kira-kira, dengan bekal Rp1 juta, bisa untuk membiayai apa saja di Turki?

Semua tergantung pada gaya hidup dan tempat tinggal. Sebagaimana di Tanah Air, ada beberapa kota di Turki yang mematok biaya hidup lebih tinggi dibandingkan kota lainnya.

BACA JUGA: Wisata ke Turki, Ini Tarif Liburan ke Cappadocia

Sebagai informasi, Rp1 juta setara dengan 900 turkish lira (TL).

Menurut Chaerut Tamami, laki-laki asal Bogor yang pernah tinggal selama empat tahun di Turki dan alumni Universitas Bandirma Onyedi Eylul, uang Rp1 juta cukup untuk jajan selama satu bulan di Turki.

“Uang Rp1 juta sangat cukup untuk jajan selama satu bulan,” kata Chaerut, Jumat (14/1/2021).

Jajan makanan ringan cukup dengan 15 TL sampai 25 TL atau setara dengan Rp17.000 sampai Rp28.000 sekali jajan. Berdasarkan pengalaman Chaerut, dengan 60 TL atau setara dengan Rp67.000, dia sudah bisa untuk berkunjung ke museum-museum yang berada di Turki.

“Untuk menaiki kapal, hanya perlu mengeluarkan 95 TL bagi mahasiswa atau setara dengan Rp106.000,” ucap Chaerut.

BACA JUGA: 5 Tempat Asyik di Bibis Bantul: Pemandangan Indah, Kulineran Murah

Sementara, ongkos naik kendaraan umum di Turki seperti bus umum hanya 3 TL atau setara Rp3.500 sekali jalan. Chaerut mengatakan berkendara menggunakan kendaraan umum untuk ke kampus menghabiskan biaya sebanyak 80 TL per bulan atau setara dengan Rp89.000.

Dengan demikian, Chaerut dapat menggunakan Rp 1 Juta untuk memenuhi kebutuhan jajan, berwisata sederhana, serta wira-wiri selama satu bulan di Turki.