Advertisement

5 Tempat Wisata Jogja yang Anti Kehujanan

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 05 Februari 2022 - 19:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Tempat Wisata Jogja yang Anti Kehujanan Museum Ullen Sentalu - Instagram : @Ullensentalu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Musim hujan terkadang membuat rencana kegiatan yang sudah dipersiapkan harus ditunda. Salah satu yang sering terjadi adalah untuk urusan piknik

Saat musim-musim seperti ini, berwisata ke tempat terbuka seperti pantai, pegunungan, atau kebun binatang memang harus dipikirkan dua kali. Darpada terjebak hujan dan hanya berteduh di warung tanpa bisa bermain-main dengan ombak pantai, sebaiknya perlu dipikirkan ulang lokasi wisatanya.

Advertisement

Namun tak perlu khawatir karena selain wisata outdoor, banyak wisata indoor yang tidak kalah serunya untuk dikunjungi saat musim hujan seperti sekarang. Destinasi indoor juga menyajikan beragam pengalaman seru yang membuat liburan tetap bermakna. 

Di Jogja sendiri, banyak destinasi wisata indoor yang sudah populer di telinga wisatawan. Cocok bagi Anda yang ingin berakhir pekan tanpa terhalang hujan. 

Di mana saja? Berikut ini daftarnya: 

1. Museum Gunung Merapi

Museum ini menyimpan banyak pengetahuan seputar Gunung Merapi. Mulai dari erupsi dari tahun ke tahun, sifat letusannya, barang-barang sisa letusan, hingga informasi seputar gunung-gunung aktif di dunia. 

Baca juga: Prambanan Gudangnya Tempat Piknik, Ada Wisata Religi Juga di Perbukitan

Pada ruangan utama museum ini, ada replika Gunung Merapi yang bisa mengeluarkan bunyi letusan dan lampu merah seperti lahar jika pengunjung memencet tombol yang sudah disediakan. 

Museum ini terletak Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. 

2.Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di kawasan wisata Kaliurang. Wisatawan yang datang ke sini akan dibagi ke dalam kelompok dan memasuki museum secara bergantian. Ada pemandu kelompok yang siap menjelaskan benda-benda yang tersimpan di dalam museum itu. 

Museum ini menceritakan kisah pecahnya Mataram yang kini dua kraton yakni Jogja dan Solo. Museum ini mempunyai aturan ketat di mana para wisatawan tidak boleh mengambil gambar atau foto sembarangan. Pemandu akan memberi tahu di lokasi mana saja pengunjung boleh berfoto-foto. 

3. Museum De Mata

Lokasi museum ini terletak di XTSquare, Jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Jogja. Di dalamnya ada De Arca dan De Walik. 

Di De Arca, pengunjung bisa berfoto bersama dengan tokoh populer dalam bentung patung lilin, sementara di De Walik pengunjung bisa berfoto di tempat yang sera terbalik. 

4. Museum Affandi

Bagi pecinta seni lukis, wisata seni rupa sepertinya bisa jadi pilihan untuk Anda. Saat di luar hujan, berkeliling menikmati lukisan karya pelukis terkenal Indonesia Affandi adalah pilihan yang tepat. 

Jika punya banyak waktu, Anda juga bisa belajar melukis di Studio Sorrandu di museum ini. 

5. Sonobudoyo

Hujan tak menghalangi niat kita untuk belajar budaya. Di Museum Sonobudoyo, Anda tetap bisa menikmati beragam jenis alat musik tradisional hingga jenis batik karena semuanya tersaji di dalam ruangan. 

Lokasinya dekat dengan jantung Kota Jogja, Titik Nol. Setelah puas di Sonobudoyo, Anda bisa bergeser ke utara untuk mengunjungi Malioboro atau ke arah selatan menuju Kraton Jogja. 

Itulah lima tempat wisata yang aman dikunjungi saat musim hujan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jumlah RTLH di Bantul Cukup Tinggi, Alokasi Perbaikan RTLH Setiap Tahun Masih Sedikit

Bantul
| Jum'at, 26 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Bahaya Bahan Kimia pada Makanan Laut Patut Diwaspadai

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement