Advertisement

Prambanan Gudangnya Tempat Piknik, Ada Wisata Religi Juga di Perbukitan

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 19 Januari 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Prambanan Gudangnya Tempat Piknik, Ada Wisata Religi Juga di Perbukitan Rumah Dome Teletubies di Prambanan, Sleman. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Kabupaten Sleman memiliki segudang objek wisata yang tersebar di seluruh kapanewon, salah satunya Prambanan. Tempat ini menyajikan beragam pilihan wisata, mulai wisata candi, wisata alam, hingga wisata religi. 

Berikut ini daftar wisata di daerah Prambanan yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Jogja:

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

1. Candi Prambanan

Objek wisata ini begitu populer di mata negara dunia sehingga banyak turis asing yang hilir mudik menikmati kegagahan candi Hindu ini. Lokasinya berada Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan.

Mengutip Wikipedia, Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu dewa Brahma sebagai dewa pencipta, dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan dewa Siwa sebagai dewa pemusnah.

PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Boko, dan Prambanan yang merupakan pengelola situs bersejarah ini menerapkan pembatasan dan protokol kesehatan yang ketat selama pandemi Covid-19. Namun hal ini tidak menyurutkan niat wisatawan untuk melancong ke candi yang berseberangan dengan Pasar Prambanan ini. 

Candi Prambanan

(Foto: Okezone)

2. Candi Ratu Boko

Bergeser ke arah selatan sekitar 3 kilometer, ada Candi Ratu Boko yang tidak kalah eksotis dengan Candi Prambanan. 

Advertisement

Baca juga: Incaran saat Liburan, Ini 5 Tempat Wisata Berhawa Dingin di Jogja

Candi ini juga disebut Istana Raja Baka yang berlokasi di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan. Candi ini memiliki suasana romantis di petang hari. 

Candi Ratu Boko

Advertisement

(Foto: Wikipedia)

3. Candi Ijo

Sama dengan Candi Prambanan, Candi Ijo juga bercorak Hindu. Lokasinya di Jl. Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman atau 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Candi ini diperkirakan dibangun antara abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram. 

Letaknya di perbukitan membuat wisatawan dapat menikmati Jogja dari ketinggian. Sebelum bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarata International Airport (YIA) beroperasi, wisatawan dapat menyaksikan dengan jelas pesawat yang landing dan take off dari Bandara Adisutjipto. Sunset dari Candi Ijo juga dikenal cantik sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan waktu hingga petang hari.

Candi Ijo

Advertisement

(Foto: Wikipedia)

4. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah taman wisata alam yang merupakan perbukitan batuan breksi. Tebing batuan breksi yang memiliki corak yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Lokasinya sekitar 1 kilometer dari Candi Ratu Boko. 

Tebing Breksi

Advertisement

(Foto: Instagram @tebingbreksi_official)

5. Rumah Domes

Desa Wisata Rumah Domes terletak di Sengir RT.06/RW.25, Sengir, Sumberharjo, Prambanan. Objek wisata unik karena terdiri dari rumah-rumah berbentuk dome atau setengah bola. Setiap rumah memiliki cat yang berbeda sehingga jika dilihat dari atas tampak berwarna-warni. 

Bukan sekadar tempat wisata, rumah-rumah dome ini dihuni oleh warga yang menjadi korban gempa Bantul 2006. Rumah itu didesain berbentuk dome karena dinilai lebih tahan guncangan.

Rumah Domes

Advertisement

(Foto: @jelajahsleman)

6. Bukit Teletubies

Tak jauh dari Rumah Domes dan sedikit menanjak ke perbukitan, terdapat destinasi wisata Bukit Teletubies. Meski sudah berada di tempat yang tinggi, gardu pandang yang ada di tempat ini semakin membuat wisatawan lebih leluasa untuk menikmati pemandangan alam dari atas perbukitan. 

Bukit Teletubbies

(Foto: Instagram @bukitteletubies_jogja)

7. Goa Maria Sendang Sriningsih

Bagi wisatawan yang beragama Katolik dan ingin melakukan ziarah ke Goa Maria, Prambanan memiliki satu destinasi wisata religi yakni Goa Maria Sendang Sriningsih. Lokasinya di Jali, Gayamharjo, Prambanan. Tempat ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat sekalipun berada di perbukitan. 

Sendang Sriningsih

(Foto: Instagram @sendang_sriningsihjali)

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Wikipedia, Instagram

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement