Advertisement

Makanan Khas Jogja Ini Bisa Jadi Kado Valentine

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 10 Februari 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Makanan Khas Jogja Ini Bisa Jadi Kado Valentine Table decoration set up yang disiapkan The Atrium Hotel and Resort dalam promo Valentine Romantic Dinner. - Istimewa/The Atrium Hotel and Resort

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebagian masyarakat dunia turut merayakan hari kasih sayang atau Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari. Berbagai hal mulai disiapkan, salah satunya memilih kado yang tepat untuk orang tersayang. Biasanya, kado yang identik dengan Valentine adalah cokelat.

Beragam jenis cokelat mulai tersedia di supermarket. Anda bisa memilih cokelat yang murah atau yang mahal. Bentuknya pun juga beragam. Ada yang bulat, persegi panjang, hingga bentuk love.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Namun, kado cokelat sepertinya sudah biasa. Agar Valentine kali ini terasa spesial, Anda perlu mencoba untuk memberikan kado Valentine yang lain dari yang lain. Anda bisa mencoba memberikan kado makanan oleh-oleh khas Jogja yang tetap memiliki sentuhan cokelat. Kira-kira apa saja?

Berikut ini daftar makanan khas Jogja yang bisa jadi alternatif kado Valentine untuk orang yang Anda sayangi:

1. Bakpia Cokelat

Bakpia merupakan makanan khas Jogja yang mudah ditemui di manapun. Di Malioboro, Pasar Beringharjo, maupun toko oleh-oleh yang banyak terdapat di Jogja pasti menjual cemilan manis ini.

Baca juga: 5 Tempat Romantis Valentine, Salah Satunya di Mangunan Bantul

Varian rasanya pun kini tak hanya kacang hijau. Ada keju, ubi ungu, cokelat, durian, red velvet, matcha, dan masih banyak lagi. Khusus untuk Valentine kali ini, Anda bisa memilih bakpia cokelat sebagai kado spesial untuk pasangan Anda. Anda tinggal mengemasnya dengan mika bening, ditambah balutan pita pink atau merah, kado spesial untuk Valentine pun jadi.

2. Geplak Cokelat

Pemilik toko oleh-oleh di Jogja biasanya mendisplay geplak di bagian depan tokonya. Makanan yang terbuat dari gula dan kelapa ini biasanya dipajang di etalase kaca dengan warnanya yang mencolok. Ada putih, coklat, pink, hijau, dan juga kuning. Rasanya pun juga bervariasi, ada rasa cokelat, vanilla, nangka, hingga durian.

Advertisement

Untuk kado valentine kali ini, Anda bisa menikmati sajian manis ini dengan pasangan Anda. Pilihlah geplak cokelat dan susunlah di atas piring saji yang cantik. Lengkapilah dengan lilin agar suasana Valentine kali ini menjadi lebih romantis.

3. Yangko Cokelat

Yangko adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan dengan campuran gula dan kacang. Teksturnya sedikit kasar di lidah tetapi kenyal. Bentuknya kotak persegi dan rasanya manis. Biasanya makanan ini dijual dengan kemasan kardus kecil.

Ada varian cokelat yang bisa Anda pilih sebagai kado Valentine. Sepertinya makanan ini akan jauh lebih disukai segala usia, terutama kaum lanjut usia karena teksturnya yang empuk. Jadi, kemaslah yangko cokelat menjadi bingkisan Valentine yang indah, dan berikanlah kepada nenek kakek atau orang tua Anda.

Advertisement

4. Cokelat Monggo

Bagi yang tetap menyukai cokelat, Anda bisa memilih cokelat khas Jogja yaitu Coklat Monggo. Anda bisa mendatangi langsung rumah produksinya sekaligus bisa mempelajari cara pembuatannya di Museum dan Pabrik Cokelat Monggo di Jalan Tugu Gentong RT 03 Sribitan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Menurut informasi, cokelat Monggo dibuat oleh ahli cokelat dari Belgia dengan menggunakan cokelat premium asli dari Indonesia.

Itulah empat oleh-oleh khas Jogja yang bisa jadi alternatif kado Valentine untuk orang-orang yang Anda sayangi. Selamat mencoba!

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement