Advertisement

5 Bandara Indonesia Terbesar dengan Spot Kece di Dalamnya, Ada YIA

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 14 Februari 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Bandara Indonesia Terbesar dengan Spot Kece di Dalamnya, Ada YIA Suasana bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Sabtu (1/5/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Bandara menjadi sarana penting di bidang transportasi. Di Indonesia sendiri, ada 298 bandara yang telah dibangun pemerintah dengan layanan penerbangan domestik maupun internasional. Beberapa di antaranya tergolong sebagai bandara terbesar di Tanah Air, salah satunya yang ada di Jogja.

Penasaran dengan 5 bandara terbesar di Indonesia? Berikut ulasannya :

Advertisement

1. Bandara Internasional Soekarno Hatta

Bandara Soekarno Hatta (Soetta) di Cengkareng, Tangerang, Banten adalah bandara terbesar di Indonesia. Bandara ini memiliki 3 terminal untuk melayani penerbangan baik domestik maupun internasional. Bandara yang diambil dari nama tokoh proklamator ini mulai beroperasi pada 1986.

Rencananya, bandara Soekarno Hatta akan membangun terminal 4. Dengan adanya terminal tersebut, bandara Soekarno Hatta akan menjadi bandara terbesar di Asia Tenggara.

2. Bandara Internasional Kertajati

Bandara Kertajati dibangun di atas lahan seluas 1.800 hektar. Bandara yang digagas sejak 2003 sebagai solusi kepadatan Bandara Husein Sastranegara di Bandung ini akhirnya diresmikan pada 2018 lalu. Bandara terbesar di Indonesia ini sempat menuai pro dan kontra karena letaknya yang berada di Majalengka.

3. Bandara Hang Nadim

Bandara terbesar di Indonesia posisi ketiga diduduki oleh Bandara Hang Nadim. Bandara dengan taraf internasional ini berada di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Nama bandara Hang Nadim diambil dari seorang laksamana terkenal dari kesultanan Malaka bernama Hang Nadim.

Bandara ini diresmikan pada Jumat, 1 Februari 1985 dengan melayani penerbangan domestik saja. Namun, setelah 5 tahun beroperasi atau tepatnya pada Jumat, 5 Januari 1990, dibuka penerbangan internasional dan 5 tahun setelahnya yakni pada Selasa, 3 Januari 1995, Presiden Republik Indonesia kedua Bapak Soeharto meresmikan bandara ini sebagai bandara internasional dengan nama Bandara Internasional Hang Nadim.

4. Bandara Internasional Kualanamu

Kualanamu menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Pasalnya bandara ini melayani 10.5 juta orang dengan kapasitas penumpang mencapai 8 juta orang per tahun pada 2018. Nama Bandara Kualanamu diambil dari kota lokasinya yakni Desa Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Diketahui bahwa bandara ini dibangun pemerintah untuk menggantikan Bandara Polonia yang berada di tengah Kota Medan. Bandara Kualanamu memiliki luas sekitar 1.369 hektar, sehingga tak heran jika Bandara Kualanamu menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia.

5. Yogyakarta International Airport (YIA)

Bandara ini menggantikan Bandara Adisutjipto di Yogyakarta karena kapasitas yang hanya mampu menampung 1.6 juta penumpang. Sedangkan saat ini, Yogyakarta International Airport berkapasitas 14 juta orang per tahun. Bandara yang beralamat di Temon Kulonprogo ini baru dibuka pada 2019.

Bandara ini memiliki panjang landasan pacu 3.250 x 45 meter. Bandara ini juga sangat mengusung tema kearifan lokal sehingga pengunjung akan termanjakan dengan pemandangan indah khas Jogja seperti ornamen batik, nuansa jalan Malioboro, dan Taman Sari.

Bukan sekadar bandara, YIA juga menjadi tempat wisata karena punya banyak spot-spot kece yang sangat Instagramable. Mulai dari instalasi seni Lawang Papat, Tamansari, Patung Bedhaya Kinjeng Wesi, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : OKezone, Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement