Advertisement

5 Air Terjun Unik di Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 24 Februari 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Air Terjun Unik di Jogja Sejumlah warga membuat jalur keluar masuk wisatawan di kawasan wisata Air Terjun Sri Getuk, Kalurahan Bleberan, Kapanewon, Playen, belum lama ini. - Istimewa/Dokumen Desa Wisata Bleberan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Banyak pilihan wisata di Jogja yang bisa dikunjungi saat liburan tiba, salah satunya air terjun. Tak perlu bingung karena destinasi alam air terjun ada di hampir semua kabupaten/kota di Jogja.

Kesegaran air terjun memang selalu dirindukan karena bisa memberikan efek relaksasi bagi pengunjung. Tak ayal jika spot-spot wisata seperti ini jadi jujugan para pecinta alam yang menginginkan suasana sejuk khas alam terbuka.

Namun tak sekadar air yang terjun dari ketinggian, air terjun di Jogja ada yang unik dan beda dengan tempat lainnya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Berikut ini destinasi wisata alam air terjun unik yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Jogja.

1. Sri Gethuk

Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam dari pusat Kota Jogja untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk, sebab lokasinya berada di Gunungkidul tepatnya di Menggoran, Putat, Playen. Air terjun ini termasuk satu di antara air terjun yang unik. Sebab, Anda perlu menaiki getek atau rakit untuk sampai di spot air terjun.

Lokasi air terjun berada pinggir sungai sehingga dibutuhkan transportasi air yang mengantarkan Anda dari lokasi pintu masuk wisata menuju air terjun. Setelah melalui perjalanan dengan rakit kurang lebih 200 meter, pemandangan air yang turun dari perbukitan langsung menyapa. Semilir angin dengan sedikit percikan air akan terasa di sekitar air terjun itu.

Baca juga: Bernostalgia dengan THR Jogja, Tempat Pikniknya Anak TK Era 1990an

2. Grojogan Watu Purba

Ada air terjun unik lainnya di Jogja yakni Grojogan Watu Purbo. Bukan air yang terjun dari atas bukit, di tempat ini, yang dimaksud air terjun adalah air sungai yang terjun dari sebuah dam dengan enam tingkat. Lokasinya ada di Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman. Dari pusat Kota Jogja sekitar satu jam ke arah utara.

Jika dilihat dari bawah, air terjun ini terlihat berundak. Saat cuacanya cerah, panorama Gunung Merapi juga menjadi pemandangan indah tersendiri yang membentang di belakang air terjun tersebut.

Advertisement


3. Curug Pulosari

Air terjun Pulosari di Njurug, Sendangsari, Pajangan, Bantul ini menghadirkan pemandangan alam yang masih asri. Di sekelilingnya masih banyak tumbuh pepohonan. Bebatuan yang ada di sekitar curug juga menjadi spot foto yang menawan.

Uniknya, air terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar lima meter tetapi kesegaran air dan hembusan angin di tempat ini tak kalah menyegarkan dengan air terjun tinggi lainnya.


4. Luweng Sampang

Air terjun unik lainnya ada di Luweng Sampang. Air terjun di sini diapit batuan cadas besar yang membentuk dinding pada sisi kanan dan kirinya. Lokasinya ada di Juminahan, Sampang, Gedangsari, Gunungkidul.

Advertisement

Pengunjung akan mendapatkan panorama air terjun yang deras saat musim hujan. Anda bisa berfoto selfie di sini dengan latar pemandangan yang indah. Namun jangan kecewa saat Anda datang di musim kemarau, karena panorama eksotis dengan bebatuan berwarna coklatnya juga tak kalah menarik.


5. Pantai Jogan

Air terjun unik terakhir adalah air terjun Pantai Jogan. Tempat ini menawarkan dua destinasi sekaligus yaitu pantai dan air terjun. Lokasi air terjun berada di tepi pantai sehingga pengunjung bisa menikmati kesegaran air terjun yang mengalir dari atas dan deburan ombak yang datang silih berganti.

Airnya terjun dari ketinggian sekitar 12 meter. Asalnya dari pegunungan kapur yang ada di daerah itu. Di objek wisata yang beralamat di Dawet, Tepus, Gunungkidul ini, air tawar dan air laut menyatu dalam sebuah destinasi.

Itulah lima air terjun unik yang ada di Jogja. Anda tertarik mengunjunginya?

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Lifestyle
| Rabu, 05 Oktober 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement