Advertisement

Panduan Berwisata di Bukit Klangon, Spot Favorit di Lereng Gunung Merapi

Daffa Firdaus Najati/ST20
Sabtu, 26 Februari 2022 - 07:37 WIB
Budi Cahyana
Panduan Berwisata di Bukit Klangon, Spot Favorit di Lereng Gunung Merapi Bukit Klangon di Lereng Merapi. - Harian Jogja/Daffa Firdaus Najati/ST20

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bukit Klangon menjadi salah satu spot wisata perbukitan favorit di DIY. Bukit ini berlatarkan Gunung Merapi yang terlihat sangat jelas. Jaraknya hanya sekitar 4 km dari puncak Merapi, sehingga pesona keindahannya tampak gagah dan besar.

BACA JUGA: 10 Kota yang Jadi Favorit Bule, Jogja Termasuk?

Advertisement

Bukit Klangon terletak di perbatasan Jogja dengan Klaten, tepatnya di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Selain punya banyak spot foto menarik untuk diabadikan, lokasi ini juga terdapat lahan perkemahan yang cukup luas. Pengunjung yang hendak berkemah di tempat ini harus meminta izin dari pihak pengelola setempat.

Jika ingin menikmati pemandangan di Bukit Klangon ini, pengunjung disarankan datang pada pagi hari, jika sedang cerah Gunung Merapi akan terlihat jelas dan gagah. Pengunjung juga dapat merasakan hangatnya sinar Matahari pagi dari bukit ini. Datang pada sore hari juga tidak kalah seru. Pengunjung dapat menikmati Matahari terbenam dari ketinggian.

BACA JUGA: 5 Air Terjun Unik di Jogja

Bukit Klangon dulunya merupakan lintasan sirkuit downhill untuk pembalap sepeda gunung. Bukit ini menyediakan track sepanjang 20 km bagi para pesepeda dengan medan yang menantang dan memacu adrenalin. Di bukit ini sering diadakan acara balapan sepeda tingkat regional hingga nasional.

Jika berwisata ke Bukit Klangon, pengunjung hanya perlu membayar parkir untuk dapat menikmati keindahan bukit ini. Fasilitas yang disediakan di bukit ini cukup lengkap berupa spot foto, track sepeda, parkiran, musala, dan warung-warung makan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sastrawan Joko Pinurbo Wafat di Usia 61 tahun

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 10:10 WIB

Advertisement

alt

Hindari Minum Teh Setelah Makan, Ini Risikonya bagi Tubuh

Lifestyle
| Jum'at, 26 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement