Advertisement

Terungkap, Misteri Larangan Motret di Ullen Sentalu

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 05 Maret 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Terungkap, Misteri Larangan Motret di Ullen Sentalu Museum Ullen Sentalu - Instagram : @Ullensentalu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ullen Sentalu merupakan salah satu museum populer yang ada di Jogja. Hal yang paling diingat saat mengunjungi tempat ini adalah adanya aturan tidak boleh memotret selama tour.

Saat membeli tiket, petugas di loket masuk museum sudah memberitahukan larangan tersebut kepada pengunjung. Larangan itu juga ditulis dalam sebuah papan untuk semakin memberikan penegasan.

Selama ini, ada pengunjung yang tidak tahu mengapa mereka dilarang merekam dan memotret kegiatan selama tour di dalam museum. Hal itu seperti menjadi misteri yang tidak terpecahkan.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Yang lain ada yang mengaitkan dengan hal mistis. Alasan ini sah-sah saja karena di dalam museum menyimpan koleksi benda bersejarah kuno peninggalan bangsawan Dinasti Mataram. Selain itu lokasi Ullen Sentalu juga berada di tengah hutan yang rimbun. Ruangan di beberapa titik museum juga tampak singup.

Namun benarkah demikian? Apakah larangan memotret berhubungan dengan hal mistis?

Humas Ullen Sentalu, Isti Yunaida atau yang akrab disapa Ida mengatakan Ullen Sentalu memiliki alasan kuat mengapa pengunjung dilarang memotret koleksi museum ataupun merekam penjelasan pemandu wisata selama di dalam museum. Alasannya adalah agar lebih memunculkan rasa perhatian khusus terhadap koleksi-koleksi yang dilihat.

Baca juga: Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Kembali Dibuka, Perhatikan Syaratnya

"Untuk lebih respect terhadap koleksi, di antaranya meminimalisir duplikasi. Untuk lebih pay attention kepada tour. Bila setiap pengunjung sibuk selfie, tour museum jadi tidak diperhatikan," kata Ida kepada Harianjogja.com, Sabtu (5/3/2022).

Jika ada satu orang saja yang berswafoto atau selfie selama tour, diyakini akan menular ke pengunjung yang lain. "Ini salah satu tugas museum yakni mencerdaskan anak bangsa. Edukasi sejarah seni budaya bisa fun, dengan tour berbasis story telling atau cerita tutur dengan kajian tim riset yang valid," lanjut Ida.

Advertisement

Namun bukan berarti pengunjung Ullen Sentalu sama sekali dilarang berfoto selfie. Pengelola tetap akan memberi kesempatan bagi mereka untuk foto-foto saat tour sudah berakhir. Ada spot-spot khusus dimana pengunjung diperbolehkan mengambil gambar. "Ada out door yang disediakan buat selfie," kata Ida.

Sementara itu, Dwi, 35, warga Sleman yang pernah berwisata ke Ullen Sentalu mengaku tidak kecewa dengan peraturan larangan memotret tersebut. Menurutnya hal itu justru akan membantu pengunjung untuk lebih fokus memahami dan mengenal setiap koleksi yang ada di dalam museum.

"Tidak dimungkiri kalau selfie di tempat piknik itu sekarang jadi kebutuhan penting. Demi konten di medsos lah. Namun kita juga harus patuh dan menghargai peraturan yang ada," jelas dia.

Advertisement

Belum lama ini, akun Instagram @jogjaviral juga mengunggah video tentang wisata ke Ullen Sentalu. Video menunjukkan keindahan museum dari sisi luar. Sementara pada akhir video juga dijelaskan alasan tidak boleh memotret selama tour di Ullen Sentalu, yakni agar lebih private dan ekslusif selama di Ullen Sentalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Sederet Ucapan Selamat Ulang Tahun Kota Jogja ke-266

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Kenali Bentuk Scalp Psoriasis yang Mirip Ketombe

Lifestyle
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement