Advertisement

5 Kuliner Paling Hits dan Ramai Dikunjungi di Jogja, Ada Kuliner Sejuta Umat

Bhekti Suryani
Minggu, 06 Maret 2022 - 09:17 WIB
Bhekti Suryani
5 Kuliner Paling Hits dan Ramai Dikunjungi di Jogja, Ada Kuliner Sejuta Umat Mi ayam. - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja tak hanya kondang dengan wisata alam, budaya dan keseniannya. Kota pendidikan dan budaya ini juga terkenal dengan wisata kuliner yang bikin kangen wisatawan atau mahasiswa yang pernah tinggal di kota ini.

Di DIY khususnya Kota Jogja ada sejumlah kuliner legendaris yang paling hits dan banyak diserbu wisatawan, penduduk lokal hingga mahasiswa luar daerah yang belajar di kota ini.

Advertisement

Harianjogja.com merangkum lima kuliner paling hits tersebut seperti dilansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Kota Jogja

1. Mi Ayam Tumini

Mi ayam ini paling tenar se-DIY, bahkan dijuluki kuliner sejuta umat. Dari luar, lapak Mi Ayam Tumini tampak biasa saja. Namun, pengunjung akan dibuat heran melihat jejeran motor yang terparkir di depan warung karena ramainya pembeli.

Kuliner ini berlokasi di utara Terminal Giwangan Kota Jogja. Saking ramainya, dalam sehari sebanyak 700 mangkok mi ayam ludes terjual. Mi Ayam Tumini punya ciri khas yang beda dari mi ayam lain. Antara lain toping ayam dan kuahnya yang kental. Kuahnya punya ciri rasa gurih dan manis.

BACA JUGA: Lakukan Hal Ini Jika Ponsel Terkena Air

2. Gudeg Pawon

Pencinta gudeg atau wisatawan luar daerah tentu tahu dengan gudeg Pawon. Kuliner gudeg yang pembelinya harus mengantre hingga ke jalan pada malam hari.

Gudeg Pawon dirintis oleh Ibu Prapto Widarso sejak 1958. Adapun arti Gudeg Pawon adalah Gudeg Dapur. Pasalnya, pembeli yang membeli gudeg ini langsung dilayani di dapur rumah si pemilik warung.

Dikenal sebagai salah satu kuliner malam legendaris, Gudeg Pawon buka pukul 22.00 WIB hingga dini hari. Saat tengah malam orang terlelap, di gudeg ini pembeli rela mengantre hingga ke jalan.

Advertisement

3. Lotek dan Gado-Gado Bu Bagyo

Kuliner yang satu ini cocok dinikmati siang hari. Lotek Bu Bagyo termasuk kuliner legendaris di Kota Jogja karena terlihat ramai sekali pengunjung yang membeli lotek di tempat ini.

Tak hanya rasanya yang lezat, porsi lotek dan gado-gado Bu Bagyo juga super banyak dan bikin kenyang pembelinya. Keunikan lainnya warung ini pramusaji memanggil nama pembeli yang pesanannya sudah siap dihidangkan sembari berjalan menuju meja tempat pengunjung yang dipanggil. Cara ini menggambarkan interaksi yang akrab antara pemilik warung dan pembeli.

4. Ayam Goreng Mbok Sabar

Bagi pencinta ayam goreng, tentu tahu kelezatan kuliner Ayam Goreng Mbok Sabar. Ciri khasnya, kuliner ini punya warna cokelat cenderung gelap dan lengket ketika disentuh dengan tangan karena ayam gorengnya diolah dengan cara dibacem.

Advertisement

Kuliner ini punya sejarah panjang. Awalnya, ayam goreng ini dijajakan berkeliling dengan berjalan kaki dan mangkal di Pasar Beringharjo.  Kuliner ini mengalami masa kejayaan pada 1980-an. Pada masa itu dalam sehari, rata-rata dihabiskan 500 ekor ayam. Pada 1983, Mbok Sabar meninggal dunia. Usaha ini diteruskan putranya Sutikno. Menurutn karyawan, dalam sehari 200 ekor ayam diolah di tempat ini.

5. Loteg Teteg Lempuyangan

Selain Lotek Bu Bagyo, kuliner siang hari yang cukup terkenal di Kota Jogja adalah Lotek Teteg Lempuyangan. Tak hanya rasanya yang lezat, kuliner ini terkenal karena ciri khasnya menggunakan cobek besar denga diameter sekitar 80 cm. Alasan penggunaan cobek besar, agar banyak bahan diolah dalam waktu cepat sehingga pembeli yang sudah ramai datang tidak menunggu terlalu lama. Warung ini pertama kali dibuka pada 1968

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Perempuan Heran dengan Kebiasaan Orang Jogja, Selalu Pakai Utara Selatan

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

5 Zodiak yang Sangat Keras Kepala, Kamu Termasuk?

Lifestyle
| Senin, 27 Juni 2022, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement