Advertisement

2 Pesona Objek Wisata yang Ditutup karena Merapi, Dinginnya Kebangetan

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 10 Maret 2022 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2 Pesona Objek Wisata yang Ditutup karena Merapi, Dinginnya Kebangetan Bukit Klangon di Lereng Merapi. - Harian Jogja/Daffa Firdaus Najati/ST20

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Aktivitas vulkanik Gunung Merapi meningkat pada Rabu (9/3/2022). Awan panas meluncur hingga sejauh 5 kilometer. Peristiwa ini membuat dua objek wisata andalan kawasan Merapi ditutup sementara.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan dua objek wisata yang ditutup itu adalah Bunker Kaliadem dan Bukit Klangon.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Sesuai saran dari BPBD Sleman dan Lurah, kita menutup sementara obwis [objek wisata] Bukit Klangon di Glagaharjo dan Bunker Kaliadem di Kepuharjo," kata Suparmono kepada Harianjogja.com, Kamis (10/3/2022).

Sementara untuk kawasan wisata Kaliurang yang juga sama-sama berada di lereng Merapi masih tetap buka. Sebab, lokasi Kaliurang lebih jauh dari puncak Merapi dibandingkan dengan Klangon dan Kaliadem.

Berbicara Kaliadem dan Klangon, berikut ini ulasan seputar dua objek wisata andalan di Sleman tersebut:

- Bukit Klangon

Dari puncak Merapi, Bukit Klangon hanya berjarak 4,2 kilometer. Posisinya di dataran tinggi membuat kawasan ini memiliki hawa yang dingin, apalagi saat sore tiba dan kabut turun. Hamparan Jogja akan terlihat indah dari negeri di atas awannya Sleman ini. Terlebih saat malam hari, hamparan lampu akan terlihat jelas dan indah dipandang mata.

Klangon juga menyediakan camping ground. Biasanya area ini akan ramai saat akhir pekan. Pengunjung bisa menikmati minuman jahe khas masyarakat lereng Merapi untuk menghangatkan badan. Gardu pandang yang ada di tempat ini juga bisa menjadi tempat bagi yang ingin melihat pemandangan dari ketinggian.

Destinasi ini juga menyediakan Kampung Stroberi yang merupakan perkebunan stroberi yang dikelola oleh kelompok tani di desa setempat. Pengunjung bisa menikmati sensasi wisata stroberi petik sendiri.

Advertisement

- Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem menjadi destinasi yang tidak kalah dingin dengan Klangon karena berjarak sekitar 5 kilometer dari puncak Merapi. Hawa adem menusuk tulang saat pengunjung sampai di tempat ini.

Saat cuaca cerah, pengunjung bisa berfoto di depan bunker. Latar belakang pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi juga menjadi pemandangan indah tersendiri.

Selain diakses menggunakan kendaraaan pribadi, pengunjung juga bisa memanfaatkan jasa jeeb lava tour untuk menuju ke Kaliadem. Pedagang-pedagang makanan dan cinderamata juga siap menanti pengunjung di area ini.

Advertisement

 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Cegah Longsor di Bukit Bintang, Bahu Jalan Akan Diperkuat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement