Advertisement

4 Tempat Ini Dijadikan Tempat Wisata Usai Letusan Merapi Besar 2010

Daffa Firdaus Najati/ST20
Minggu, 13 Maret 2022 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
4 Tempat Ini Dijadikan Tempat Wisata Usai Letusan Merapi Besar 2010 Sejumlah wisatawan mengunjungi kawasan wisata Museum Gunung Merapi, Rabu (12/1/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gunung Merapi mengalami letusan dahsyat pada 2010 silam dan menelan banyak korban jiwa.

BACA JUGA: Srimulyo Piyungan Gudangnya Wisata, Ini 19 Destinasi Cantik di Sana

Advertisement

Lereng selatan Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Sleman, menjadi tempat yang banyak menoreh kenangan pilu. Namun kini, beberapa tempat yang menjadi saksi ganasnya letusan Merapi 2010 silam telah dijadikan tempat wisata sekaligus wahana edukasi.

Berikut daftarnya:

Museum Sisa Hartaku

Museum Sisa Hartaku terletak di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Sesuai namanya, museum ini berisi sisa-sisa harta milik warga sekitar setelah erupsi Merapi 2010. Terdapat berbagai macam barang-barang rumah tangga yang nyaris meleleh terkena awan panas abu vulkanik Merapi, terdapat juga kerangka motor bebek, foto, serta fosil hewan yang dipajang di museum ini.

Tempat ini dijadikan wisata oleh salah satu warga setempat sebagai peninggalan sejarah, dengan harapan masyarakat bisa ikut merasakan apa yang terjadi pada 2010 ketika mengunjungi museum ini.

Kampung Mbah Maridjan

Kampung Mbah Maridjan terletak di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Sleman. Kinahrejo adalah dusun yang mengalami kerusakan terparah saat letusan besar Gunung Merapi 2010 silam dan di sinilah Mbah Maridjan sebagai juru kunci meninggal dunia.

Kawasan ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi, karena selain bisa melihat panorama Gunung Merapi dengan jelas, pengunjung bisa juga mengunjungi bekas rumah Mbah Maridjan dan di dekatnya terdapat masjid yang selamat dari terjangan awan panas.

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem terletak di Dusun Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Di sini terdapat bunker yang sudah ada sejak era kolonial Belanda dan menjadi saksi keganasan letusan Gunung Merapi pada tahun 2006 dan 2010. Di Bunker Kaliadem terdapat pintu utama yang terbuat dari baja, dan di dalamnya terdapat material sisa-sisa material Merapi.

Tempat ini ramai oleh para wisatawan, karena pemandangan Gunung Merapi terlihat sangat jelas dan dekat dari kawasan bunker ini. Selain menjadi spot favorit untuk berfoto, Bunker Kaliadem juga bisa menjadi sarana belajar tentang betapa dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada saat itu.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi terletak di Jl. Kaliurang KM 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Museum ini terdiri atas dua lantai dengan bangunan unik berbentuk trapesium dan salah satu sisinya mengerucut berbentuk segitiga.

BACA JUGA: 2 Pesona Objek Wisata yang Ditutup karena Merapi, Dinginnya Kebangetan

Museum ini menyimpan banyak kenangan dari setiap letusan Gunung Merapi dan tersimpan dengan sangat rapi dari tahun ke tahun. Bahkan, pengunjung bisa mendengarkan gemuruh Gunung Merapi saat meletus.

Dari tempat ini juga, pengunjung bisa melihat gagahnya Gunung Merapi dan bisa belajar mengenai evolusi kerak bumi, kemudian sejarah Gunung Merapi dari masa ke masa, gunung api aktif di Indonesia dan dunia, jenis-jenis letusan, dan bagaimana mitigasi ketika terjadi erupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Berikut Daftar Ucapan Hari Kartini yang Dirayakan Setiap 21 April

Lifestyle
| Sabtu, 20 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement