Advertisement

Ada Spot Selfie Terbaru di Jogja, Lokasi Dekat Tugu

Sirojul Khafid
Minggu, 20 Maret 2022 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Ada Spot Selfie Terbaru di Jogja, Lokasi Dekat Tugu Mural yang berada di gang masuk RW 9 Cokrokusuman, Kelurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis, Jogja, Sabtu (19/3/2022) - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Ada spot swafoto atau selfie terbaru dengan latar lukisan tiga dimensi yang berada di Utara Tugu Jogja, tepatnya di gang masuk RW 9 Cokrokusuman, Kelurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis, Jogja. Di sepanjang gang ada berbagai lukisan baik tiga dimensi maupun dua dimensi yang bisa memanjakan mata para pengunjung.

Ketua RW 9 Cokrokusuman, Hanifatul Muslimah, mengatakan, seluruh lukisan merupakan karya internal warganya. Sehingga pembuatan lukisan atau mural ini menjadi wadah bagi para seniman dan warga Cokrokusuman dalam berkreasi. Bakat yang sebelumnya sudah ada bisa lebih terasah kembali.

“Yang hebat juga, dana proses produksi ini semua berasal dari swasembada warga. Mulai dari bahan baku mural sampai konsumsi. Semua bersama dan bersatu,” kata Hanifatul saat peresmian mural, Sabtu (19/3/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Sekelompok Orang Keroyok dan Rampas HP Pengendara Motor di Jalan Pakem-Turi

Dengan selesainya proses pembuatan mural ini, ke depan masyarakat Jogja maupun luar Jogja bisa memanfaatkan untuk berwisata. Masyarakat bisa berfoto dengan latar mural berbagai tema. Bisa juga mencoba jajanan khas kampung sampai masuk ke delam kampung sembari menikmati suasana Kali Code.

“Semoga ke depan bisa menjadi potensi wisata yang bisa mempromosikan Kelurahan Cokrodiningratan beserta potensi seni, budaya, sampai kegiatan warganya,” kata Hanifatul.

Mantri Pamong Praja Jetis, Rini Rahmawati, mengatakan, lukisan yang indah ini bisa memperkuat potensi wisata yang sudah ada, terutama karena letaknya yang dekat dengan Tugu Jogja. Setelah jalan-jalan di Tugu, wisatawan bisa melanjutkan ke gang mural ini.

“Mural indah di RW 9 Cokrokusuman ini bisa bersambung dengan banyaknya potensi wisata lain di Kelurahan Cokrokusuman. Semoga bisa menarik banyak wisatawan. Harapannya ini salah satu destinasi yang menarik untuk didatangi para turis baik dalam maupun luar negeri,” kata Rini.

Meski mengupayakan pengunjung yang berfoto di mural, Rini tetap mengingatkan warga menjaga protokol kesehatan. Hal ini terutama di tengah situasi Covid-19. Meski sudah mulai landai, namun tetap perlu waspada dengan potensi penularan.

Advertisement

Hadir secara virtual, DPRD DIY Anggota Komisi D, Imam Priyono, mengatakan, letak RW 9 Cokrokusuman yang berada di Utara Tugu Jogja merupakan salah satu tonggak budaya. Hal ini lantaran Tugu Jogja masuk dalam sumbu filosofi.

“Gapura dengan apa yang ada di sekitarnya menjadi salah satu tempat, terutama generasi anak-anak dan muda dalam berlatih mengenal budaya. Selain itu juga menjadi tulang punggung terkait dengan budaya di sekitar Utara Kota Jogja,” katanya.

 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Lifestyle
| Rabu, 05 Oktober 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement