Advertisement

Mengenal Pantai Ngetun, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

Daffa Firdaus Najati/ST20
Kamis, 24 Maret 2022 - 15:57 WIB
Budi Cahyana
Mengenal Pantai Ngetun, Surga Tersembunyi di Gunungkidul Pantai Ngetun di Gunungkidul - Instagram @fatimahstsh

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ada banyak pantai yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur dan melepas penat di Gunungkidul, salah satunya Pantai Ngetun.

BACA JUGA: Sederet Pertanyaan Seputar Wisata, Bisa Jadi Orang Jogja Menjawab "Belum Pernah"

Advertisement

Pantai Ngetun memiliki nama asli Ngitun, berasal dari kata ngintun yang berarti mengintip dan mengirim. Dengan nama ini, orang yang mengunjungi pantai ini seolah mengintip surga tersembunyi berupa keindahan pemandangan pantai dan kemudian mengirimkan kabar kepada orang lain untuk datang ke tempat tersebut.

Pantai Ngetun diapit oleh dua bukit sehingga area sepanjang pantai ini menjadi teluk kecil yang asri dan indah. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang bersih dan pepohonan hijau yang menjadi ciri khasnya. Kamu juga bisa menaiki bukit karang untuk dapat mendapatkan pengalaman menikmati keindahan pantai dari atas bukit. Di samping keindahannya, pantai ini juga tidak lepas dari sejarah, misteri, dan mitos.

Pantai yang terletak di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul ini membutuhkan jarak tempuh kurang lebih 2 jam 15 menit dari pusat Kota Jogja. Lokasi ini masih searah dengan Pantai Siung dan Nglambor. Surganya Gunungkidul ini masih cenderung sepi pengunjung karena jalannya yang sulit.

Meski demikian, pantai ini sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari suasana tenang. Jika hendak menikmati suasana malam, kamu juga bisa mendirikan tenda di tepi pantai.

Rute menuju spot ini terbilang cukup mudah karena sepanjang jalan menuju pantai Gunungkidul terdapat papan penunjuk jalan bertuliskan Pantai Ngetun. Kendaraan roda dua maupun roda empat diharuskan parkir di area parkir yang telah disediakan. Dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Ngetun. Sepanjang jalan juga terhampar pemandangan bukit dan pantai dari kejauhan.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Nasi Goreng Enak di Jogja

Sebagai surga yang tersembunyi dan masih jarang diketahui, Pantai Ngetun tidak mematok tiket masuk untuk pengunjung. Pastikan kami membawa perbekalan yang cukup dan badan yang fit untuk mengunjungi pantai indah di Gunungkidul ini.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Asyik…Dishub Sleman Akan Uji Coba Bus Sekolah Mulai Desember 2022

Sleman
| Senin, 27 Juni 2022, 13:07 WIB

Advertisement

alt

5 Zodiak yang Sangat Keras Kepala, Kamu Termasuk?

Lifestyle
| Senin, 27 Juni 2022, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement