Advertisement

Bikin Rindu Jogja, Ini 7 Wisata Populer Kota Gudeg

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 28 April 2022 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bikin Rindu Jogja, Ini 7 Wisata Populer Kota Gudeg Kendaraan mengantre masuk ke dalam kawasan wisata Kaliurang, Sleman, Kamis (6/6/2019).-Harian Jogja - Yogi Anugrah.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Jogja memiliki segudang objek wisata yang dapat dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga kuliner, semua tersaji lengkap di kota yang memiliki julukan kota gudeg ini. 

Saat Lebaran nanti, diprediksi objek-objek wisata yang ada akan dibanjiri wisatawan. Pengelola pun kini sudah bersiap menyambut kedatangan para tamu. 

Advertisement

Berikut ini objek wisata yang bisa Anda kunjungi saat berwisata atau pulang kampung ke Jogja:

1. Malioboro

Malioboro sudah sangat melegenda di dunia pariwisata Jogja. Selain lokasinya berada di pusat kota, kawasan ini menyuguhkan beragam pilihan belanja dan wisata kuliner. Baik belanja batik, kuliner di pinggir jalan, oleh-oleh khas Jogja maupun belanja barang-barang khas lokal yang tersedia di Pasar Beringharjo. Bagi yang ingin belanja fesyen, mal juga ada di tempat ini.

2. Kraton Jogja

Lokasinya tidak sampai satu kilometer dari Malioboro. Perjalannya bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Di tempat ini pelancong bisa belajar tentang sejarah Kraton Jogja, mengenal raja-rajanya sekaligus belajar budaya Jawa.

3. Gembira Loka Zoo

Kalau objek wisata satu ini tak asing lagi bagi wisatawan terutama keluarga. Setiap akhir pekan kerap ramai dikunjungi pelancong. Kebun Bintatang yang terletak di dalam Kota Jogja ini tak hanya menyuguhkan beragam satwa melainkan juga wisata naik kapal di danau dan beragam wahana menarik lainnya.

4. Kaliurang

Objek Wisata Kaliurang masih menjadi wisata populer di Jogja. Destinasi yang berada di Sleman ini menawarkan udara dingin nan sejuk karena poisisnya yang berada di lereng Gunung Merapi. Dalam satu kompleks wisata, Kaliurang menyajikan beragam destinasi. Mulai dari Telaga Putri, Goa Jepang, Gardu Pandang, Museum Ulen Sentalu, hingga mini zoo Suraloka Zoo yang menjadi destinasi pendatang baru di lantai atasnya Jogja itu.

5. Kaliadem

Masih di area Merapi, Kaliadem menjadi destinasi yang tidak kalah ademnya dengan Kaliurang. Bahkan jika diukur dari puncak Merapi, Kaliadem lebih dekat dibandingkan Kaliurang. Hawa dingin menusuk tulang saat pengunjung sampai di tempat ini. Saat cuaca cerah, pengunjung bisa berfoto di depan bunker yang ada di bawah tanah dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi. Selain diakses menggunakan kendaraaan pribadi, pengunjung juga bisa memanfaatkan jasa jeeb untuk menuju tempat ini.

6. Nglanggeran

Meski tidak sedingin Kaliurang, kompleks wisata Gunung Api Purba Nglanggeran juga menawarkan hawa yang sejuk. Pepohonan di sekelilingnya membuat udara di daerah itu segar dan pemandangan terlihat masih asri. Tak jauh di tempat itu, ada Embung Nglanggeran yang bisa menjadi alternatif wisata terdekat. Objek wisata ini juga menyajikan pemandangan indah dengan hamparan air yang terus memenuhi embung tersebut.

Advertisement

7. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah bekas area tambang yang menawarkan keindahan pahatan di tengah-tengah perbukitan breksi. Tebing batuan itu terbentuk dari endapan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran jutaan tahun lalu. Ukiran-ukiran tebing tersebut sangat indah jika diabadikan kamera. Tidak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan Tebing Breksi sebagai tujuan wisata. Lokasi Tebing Breksi berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Itulah tujuh objek wisata populer di Kota Jogja yang bisa dikunjungi saat libur Lebaran. Selamat berwisata

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement