Advertisement

Kebun Binatang Besar Ramai, Exotarium Jadi Alternatif

Lugas Subarkah
Jum'at, 06 Mei 2022 - 19:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kebun Binatang Besar Ramai, Exotarium Jadi Alternatif Pengunjung berinteraksi dengan satwa di Eksotarium Mini Zoo, Jumat (6/5/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Di masa libur Lebaran, semua objek wisata ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Salah satunya Exotarium Mini Zoo, yang menjadi alternatif wisata kebun binatang. Di sini, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa.

Salah satu pengunjung, Arif, merupakan warga Jogja yang mengantarkan keponakan-keponakannya dari Jawa Timur dan Jawa Tengah berwisata ke Exotarium . "Bawa banyak keponakan, rombongan dari Banyuwangi dan Batang, jadi saya ajak ke sini," ujarnya, Jumat (6/5/2022).

Advertisement

Menurutnya, Exotarium menjadi alternatif kebun binatang yang menjadi kesukaan anak-anak, di saat kebun binatang besar seperti Gembiraloka terlalu ramai pada musim liburan. "Kayaknya lebih padat, terus jalannya juga biar lebih nyaman," ungkapnya.

Setelah ke Exotarium , rombongannya yang terdiri dari 14 orang ini akan menuju ke Kampung Flori, Sleman. Ia tidak memilih wisata pantai karena khawatir terlalu lama di jalan karena kemacetan lalu lintas menunju pantai.

Baca juga: Sederet Mini Zoo di Jogja, Ada Satu yang Baru Buka...

Owner Exotarium Mini Zoo, Akbar Taruna, menuturkan Exotarium mulai buka pada libur Lebaran sejak Selasa (3/5/2022). Hari pertama buka, jumlah pengunjung berkisar 1.000 orang. Jumlah ini meningkat dua kali lipat pada hari berikutnya.

Pengunjung Exotarium pada libur Lebaran ini didominasi oleh wisatawan luar daerah. Diperkirakan puncak kunjungan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu (7-8/5/2022). "Ini dominasi pengunjung dari luar kota semua," katanya.

Adapun untuk kunjungan warga Jogja ia prediksikan lebih banyak pada libur 15 dan 16 Mei mendatang. Selama libur lebaran ini, 200 pengunjung pertama mendapat es krim gratis. Untuk warga yang tinggal di sekitar Eksotarium digratiskan tiket masuk.

Untuk menyambut wisatawan libur lebaran, pengelola menambah koleksi satwa baru, yakni Leopard Gecko atau yang biasa disebut kadal gurun dan Katak Pacman. Katak ini kata dia, makanannya adalah tikus. "Kami beri nama kadrun dan raja cebong, " ungkapnya.

Advertisement

Exotarium Mini Zoo memiliki total sekitar 300 satwa. Berbeda dengan kebun binatang lainnya, di sini pengunjung mendapat edukasi dan bisa berinteraksi langsung dengan satwa, termasuk memberi makan.

Sejumlah wahana yang bisa dinikmati pengunjung diantaranya berkuda, flyng fox, taman terbuka, ATV, becak kayuh, tangkap ikan, mini outbond, kolam renang dan jeep tour. "Sementara ready tiga jeep. Keliling sini, Kampung Duwet, sungai Denggung, kembali ke sini," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pulang dari Sarkem, 4 Pemuda Dihajar Massa Lantaran Buat Onar

Jogja
| Minggu, 22 Mei 2022, 12:17 WIB

Advertisement

alt

4 Kesalahan Aquarius dalam Menjalin Hubungan

Lifestyle
| Sabtu, 21 Mei 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement