Advertisement

Piknik di Jogja, Ini Oleh-Oleh Khas yang Wajib Anda Bawa

Daffa Firdaus Najati/ST20
Minggu, 08 Mei 2022 - 12:07 WIB
Arief Junianto
Piknik di Jogja, Ini Oleh-Oleh Khas yang Wajib Anda Bawa Ilustrasi bakpia. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Mengakhiri liburan di Jogja tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas Kota Pelajar ini. Ada beragam kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh, dari mulai kuliner tradisional hingga kuliner modern dan kekinian. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang wajib dibeli sebagai buah tangan arus balik: 

BACA JUGA: Kebun Binatang Besar Ramai, Exotarium Jadi Alternatif

Advertisement

Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk di Jogja sangat mudah ditemui. Ada dua jenis tekstur dari bakpia pathok ini yaitu bakpia kering dan basah, bakpia kering lebih tahan lama di suhu ruang daripada bakpia basah. Diketahui bakpia kering bisa bertahan hingga 14 hari di suhu ruang dan bakpia basah hanya 5-7 hari di suhu ruangan dan 10 hari jika disimpan di lemari es. Adapun rekomendasi bakpia pathok di Jogja yang terkenal lezat dan populer yaitu Bakpia 25, Bakpia 75, Bakpia Kencana, Bakpia Kurnia Sari, Bakpiaku, Bakpia Djava, dan Bakpia Pathok 525. 

Bakpia kukus tugu jogja

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia Kukus Tugu Jogja merupakan bakpia yang menghadirkan inovasi berbeda dengan bakpia pathok khas Jogja. Bakpia kukus ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan fluffy dari bakpia biasa. Terdapat beragam isian rasa dari bakpia kukus ini, diantaranya ada rasa coklat, keju, kacang hijau, dan stroberi. 

Toko Bakpia Kukus Tugu Jogja ini tersebar di penjuru Jogja, seperti Malioboro, Jl Kaliurang, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Palagan, dan Jl. Solo.

Jadah Tempe Tahu Bacem

Kuliner khas satu ini kerap ditemui di sekitar Jl. Kaliurang, Kaliurang bagian atas, atau Lereng Gunung Merapi. Biasanya, jadah tempe ini dijual di sekitar tempat wisata Kaliurang. Jadah tempe terdiri dari olahan ketan, tempe, dan tahu bacem yang menghadirkan rasa khas kuliner tradisional. Salah satu warung jadah tempe yang populer adalah Warung Jadah Tempe Mbah Carik yang berlokasi di Jl. Astro Mulyo, Kaliurang, Sleman, DIY.

Geplak

Geplak

Geplak merupakan salah satu kuliner yang wajib untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, geplak terbuat dari santan, parutan kelapa, dan gula. Geplak memiliki rasa yang manis dan terdiri dari berbagai macam warna dan aneka rasa buah-buahan seperti nangka, durian, pandan, dan vanilla. Oleh-oleh ini mudah ditemui di pusat oleh-oleh Jogja.

Belalang Goreng

Jika kamu berkunjung ke daerah Gunungkidul, kamu akan menemui makanan khas disana yaitu belalang goreng yang kerap ditemui di pinggir jalan sepanjang daerah Paliyan atau Semanu. Selain rasanya yang gurih dan renyah, belalang goreng ini juga bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Biasanya, belalang goreng yang dijual sudah dalam keadaan matang dengan harga yang  murah meriah. 

Advertisement

Mamahke Jogja

Mamahke Jogja merupakan toko kue milik sutradara Hanung Bramantyo dan istrinya Zaskia Adya Mecca yang kerap dikunjungi wisatawan untuk menyantap kue di tempat sekaligus membelinya sebagai oleh-oleh.

Tersedia berbagai jenis rasa dari Mamahke Reguler Cake, diantaranya adalah red velvet, cheese, double chocolate, tiramisu, dan terdapat juga varian Roll Cake yang terdiri dari rasa triple chocolate, cheese, dan tiramisu.

Adapun store Mamahke berlokasi di Jl. Taman, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. 

Chocolate Monggo

Chocolate Monggo merupakan produk coklat lokal yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh kekinian khas Jogja. Oleh-oleh ini cukup unik karena varian rasa coklat yang ditawarkan sangat beragam seperti dark chocolate, milk chocolate, white chocolate, matcha green tea chocolate, dan lain sebagainya. 

Toko Chocolate Monggo berlokasi di Jl. Dalem KG III Nomor 978, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. 

Selain di Jogja, Chocolate Monggo ini juga membuka cabang di wilayah lain di Indonesia seperti di Bali, Surabaya, dan Jakarta.

Jogja Regale

Jogja Regale memadukan makanan tradisional tiwul dengan konsep modern sehingga menghasilkan makanan kekinian yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Tiwul adalah makanan berbahan dasar olahan singkong yang dikupas dan dikeringkan. Tiwul ini dibuat menjadi kue-kue menarik dan cantik dengan berbagai rasa dan warna. Adapun variannya meliputi rasa keju, pandan, coklat, red velvet, taro, ubi, dan masih banyak lagi. 

Jogja Regale berlokasi di Jl. Modang No. 467, Mantrijeron, Kota Jogja. 

Lapis Jogja

Penggemar kue lapis wajib mencoba oleh-oleh kekinian khas Jogja satu ini. Kue yang dibuat dengan bahan berkualitas ini dikemas dengan baik dan ukurannya cukup besar. Pilihan rasa yang ditawarkan bermacam, meliputi rasa pisang keju, uji keju, coklat pandan, dan coklat keju. 

Untuk membeli Lapis Jogja ini bisa ditemukan di berbagai kios dan pusat oleh-oleh Kota Jogja. 

Bakpia Paris

Bakpia Paris merupakan inovasi bakpia dari Chef William Zoratti yang menghasilkan oleh-oleh kekinian khas Jogja. Berbeda dengan bakpia pada umumnya yang berbentuk bulat, bakpia ini berbentuk kotak dengan lapisan topping diatasnya. Terdapat empat varian rasa yang ditawarkan dari Bakpia Paris ini, yaitu Cheesy Cheese, Choco Rocky, Durian Elysse, dan Almond Versailles. 

Bakpia Paris berlokasi di Jl. Urip Sumoharjo No. 37, Jl. Jogonegaran No. 2, dan cabang lainnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pandemi Covid-19 Mereda, Ardhian Luncurkan Tiga Produk Umrah Unggulan

Jogja
| Rabu, 25 Mei 2022, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Lepas Masker Sudah Boleh sih, tapi Perhatikan 3 Hal Penting Ini Dulu!

Lifestyle
| Selasa, 24 Mei 2022, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement