Advertisement

Tak Perlu Takut, Ini 5 Pantai yang Aman untuk Berenang di Jogja

Daffa Firdaus Najati/ST20
Selasa, 07 Juni 2022 - 12:27 WIB
Budi Cahyana
Tak Perlu Takut, Ini 5 Pantai yang Aman untuk Berenang di Jogja Pantai Nglambor - Instagram @pantai_nglambor

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja terkenal dengan sederetan wisata pantai yang memanjakan mata. Selain pemandangannya yang indah, pantai-pantai di Jogja juga dikenal dengan ombaknya yang besar karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

BACA JUGA: Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Advertisement

Wisata pantai menjadi salah satu wisata yang paling banyak diminati oleh banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Belum lengkap jika berwisata ke pantai di Jogja namun tidak berenang atau sekedar bermain air. Tidak perlu khawatir dengan ombak yang besar, karena ada beberapa pantai yang aman untuk berenang. Berikut 5 pantai yang aman untuk berenang di Jogja.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan pemandangan biota bawah laut yang bisa dilihat dengan snorkeling. Pantai ini memiliki ombak yang cenderung kecil dan arus laut yang tenang sehingga aman untuk berenang maupun snorkeling. Namun, kamu harus tetap berhati-hati, karena terumbu karang bisa mengenai kaki dan bisa mengakibatkan luka.

Pantai Nglambor berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan menjadi pantai yang aman untuk berenang karena diapit oleh dua tebing besar yang membuat ombak terpecah saat menabrak tebing tersebut. Selain aman untuk berenang, pantai ini juga kerap menjadi spot camping favorit bagi wisatawan.

Pantai Sedahan berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai di pantai ini, wisatawan perlu melakukan treking perjalanan kurang lebih 4 kilometer dari area parkir. Namun, perjalanan tidak terasa melelahkan karena terbayar dengan pemandangan persawahan yang menawan.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantai ini menyajikan keindahan bawah laut yang menawan dan belum tercemar sampah, sehingga wisatawan juga dapat melihat biota laut dari permukaan dengan jelas dengan melakukan snorkeling. Selain itu, pantai ini terdapat tebing besar bernama watu lawang, tebing ini dapat memecah ombak sebelum sampai ke bibir pantai. Dengan demikian, pantai ini aman menjadi tempat berenang yang menyenangkan.

Pantai Ngetun

Sama seperti Pantai Sedahan, Pantai Ngetun diapit dengan dua tebing tinggi yang memecah ombak besar sebelum sampai ke bibir pantai sehingga aman untuk bermain air dan berenang sepuasnya di Pantai Ngetun ini. Selain itu, wisatawan juga bisa mengambil gambar sepuasnya di pantai ini karena pemandangan pantai ini sangat indah terlebih jika mengambil gambar dari atas tebing. Dari atas tebing, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan lautan luas yang begitu menawan.

Advertisement

Lokasi Pantai ini berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Greweng

Pantai Greweng dekat dengan Pantai Sedahan, untuk sampai di pantai ini wisatawan harus treking perjalanan sejauh 2 kilometer yang melewati bibir goa bawah tanah, tebing karang yang memukau, dan juga hutan kecil di sepanjang aliran sungai.

BACA JUGA: Malam Minggu Nongkrong Yuk! Ini 5 Rekomendasi Tempat Ngopi di Sleman

Advertisement

Pantai Greweng sangat aman untuk berenang karena ombaknya yang tidak terlalu besar, bahkan saat pasang pun berenang di kawasan pantai ini masih terbilang aman. Menariknya, setelah puas bermain air di pantai ini, kamu bisa membilas diri di aliran sungai air tawar yang ada di dekat pantai.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Asyik…Dishub Sleman Akan Uji Coba Bus Sekolah Mulai Desember 2022

Sleman
| Senin, 27 Juni 2022, 13:07 WIB

Advertisement

alt

5 Zodiak yang Sangat Keras Kepala, Kamu Termasuk?

Lifestyle
| Senin, 27 Juni 2022, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement