Advertisement

5 Pesona Wisata di Dieng, Dinginnya Luar Biasa

Newswire
Sabtu, 09 Juli 2022 - 16:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Pesona Wisata di Dieng, Dinginnya Luar Biasa Dieng Culture Festival (DCF) Tahun 2021 - ANTARA - Sumarwoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Dieng merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di dataran tinggi Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya membuat tempat wisata ini memiliki suhu udara yang sangat dingin.

Banyak objek wisata menarik di kawasan ini. Dieng cocok untuk dikunjungi ketika musim libur sekolah.

Dieng memiliki banyak spot menarik dengan pemandangan alam yang spektakuler. Pada cuaca tertentu, wisatawan juga bisa melihat semacam salju di Dieng.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir adalah salah satu tempat favorit wisatawan ketika berkunjung ke Dieng. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan mataharit terbit (sunrise) dari atas bukit. Keindahan alam berupa matahari terbit dengan warna keemasan (golden sunrise) menjadi pemandangan yang memanjakan mata.

Namun, untuk menyaksikannya, para wisatawan harus terlebih dulu mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl. Tidak hanya golden sunrise, wisatawan dapat pula menikmati keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu hingga Gunung Merapi jika cuaca cerah.

2. Telaga Warna

Telaga Warna mempunyai pemandangan yang indah. Disebut Telaga Warna karena warna air danau dapat berubah-ubah ketika terkena pantulan sinar matahari. Hal ini disebabkan tingginya kandungan belerang pada air danau.

Telaga Warna berada di ketinggian 2.000 mdpl serta dikelilingi panorama Gunung Prau. Pagi hingga siang hari adalah waktu yang ideal untuk mengunjungi kawasan ini. Pasalnya pada sore hari, kawasan sekitar Telaga Warna ditutupi oleh kabut.

3. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata di Dieng. Wisatawan datang ke kawasan ini guna menyaksikan aktivitas vulkanik. Kawah yang masih menunjukkan aktivitas vulkanik memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Kawah Sikidang tinggi akan kandungan sulfur atau belerang. Oleh karena itu, bau gas yang keluar sangat menyengat. Para wisatawan disarankan untuk menggunakan masker agar tidak keracunan gas.

Advertisement

Di Kawah Sikidang, wisatawan dapat menemukan pedagang telur, di mana telur itu direbus di kawah kecil yang airnya mendidih.

4. Candi Arjuna

Dari sekian banyak candi yang berada di dataran tinggi Dieng, Komplek Candi Arjuna adalah yang terluas. Kompleks Candi Arjuna mempunyai luas sekitar satu hektare. Pada kompleks ini terdapat lima bangunan candi, yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, serta Candi Sembadra.

Kompleks candi ini menawarkan pemandangan indah karena dikelilingi dengan latar belakang perbukitan. Biasanya kompleks Candi Arjuna digunakan untuk pelaksanaan Galungan hingga tempat pelaksanaan ruwatan anak gimbal.

Advertisement

5. Batu Angkruk

Batu Angkruk adalah salah satu wisata yang memadukan pemandangan alam dengan spot foto yang kekinian. Penggemar matahari terbit (sunrise) dapat menjadikan kawasan ini sebagai pilihan yang tepat. Di sini, terdapat beragam spot foto yang Instagramble.

Salah satu spotnya adalah jembatan kaca yang menjadi favorit wisatawan. Jembatan kaca ini letaknya menghadap hamparan awan putih dengan keindahan pegunungan. Ada pula taman beralaskan rumput hijau.

Kawasan ini menyediakan berbagai fasilitas. Mulai dari area parkir yang luas, musala, toilet, tempat makan, pusat oleh-oleh hingga spot foto yang Instagramable.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "5 Tempat Wisata di Dieng yang Cocok untuk Liburan Sekolah, Begini Daya Tariknya". 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : OKezone

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Waspadai Inflasi Melonjak di Akhir Tahun

Jogja
| Rabu, 05 Oktober 2022, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Selain Bikin Kulit Cantik dan Sehat, Kenali 5 Manfaat Lain dari Kolagen

Lifestyle
| Rabu, 05 Oktober 2022, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement