Advertisement

Mau Liburan ke Semarang? Jangan Lewatkan 8 Kuliner Khas Ini

Media Digital
Kamis, 21 Juli 2022 - 15:17 WIB
Budi Cahyana
Mau Liburan ke Semarang? Jangan Lewatkan 8 Kuliner Khas Ini Lumpia Semarang - Ist.

Advertisement

SEMARANG—Apa yang terbayang di benak Anda saat mendengar kata “Semarang”? Semarang adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang populer sebagai destinasi liburan.

Akses transportasi umum ke Semarang sangat mudah, bahkan Anda bisa pesan tiket travel shuttle sekarang ke Semarang melalui Traveloka. Anda tinggal memasukkan informasi tentang kota asal dan kota tujuan, jumlah penumpang, dan tanggal keberangkatan untuk mendapatkan referensi travel shuttle terbaik dari Traveloka. Rasakan serunya perjalanan liburan yang sempurna bersama PO Bus berkualitas yang bekerja sama dengan Traveloka.

Banyak sekali destinasi wisata menarik di Semarang yang bisa Anda kunjungi sampai puas ketika liburan. Selain menyiapkan rencana kegiatan ke berbagai destinasi liburan, jangan sampai Anda lupa mencicipi beberapa kuliner khas berikut ini ketika berada di Semarang:

1. Lumpia Semarang

Membahas soal Kota Semarang memang tak lengkap tanpa menyebut lumpia. Camilan yang satu ini memang menjadi salah satu icon populer Semarang. Sajian lumpia khas Semarang biasanya terdiri dari bahan isian rebung, udang kering, dan telur yang dibungkus dengan adonan kulit bertekstur lembut.

Ada dua cara penyajian lumpia Semarang yang bebas Anda pilih sesuai selera, yaitu lumpia goreng atau lumpia basah. Kedua jenis lumpia tersebut biasanya disajikan dengan saus kental bercita rasa manis agar makin lezat.

2. Babat Gongso

Jika Anda termasuk penggemar hidangan berbahan dasar babat sapi, berarti Anda tak boleh melewatkan hidangan babat gongso khas Semarang. Hidangan ini terbuat dari babat sapi yang ditumis bersama aneka rempah dan kecap manis sehingga menghasilkan cita rasa pedas dan manis.

Seporsi babat gongso yang disajikan dengan nasi hangat pasti membuat Anda selalu rindu ingin kembali ke Semarang.

3. Sego Koyor

Advertisement

Selain babat gongso, ada makanan khas Semarang lainnya yang terbuat dari jeroan sapi, yaitu sego koyor. Koyor adalah urat sapi berukuran besar yang dimasak bersama santan dalam waktu lama sehingga teksturnya empuk. Seporsi sego koyor terdiri dari nasi hangat yang disiram dengan kuah dan dilengkapi potongan urat-urat sapi.

Tekstur urat sapi yang kenyal dan menyerap bumbu berpadu sempurna dengan kuah gurih dan nasi. Anda bisa menikmati sego koyor di berbagai warung sederhana khas Semarang dengan harga yang terjangkau.

4. Tahu Gimbal

Advertisement

Tahu merupakan bahan makanan populer yang bisa ditemukan di berbagai daerah di tanah air. Hampir setiap daerah memiliki olahan tahu yang khas, salah satunya yaitu tahu gimbal dari Semarang. Gimbal dalam makanan khas Semarang ini merupakan sejenis bakwan udang yang berukuran besar.

Potongan gimbal disajikan bersama irisan tahu, kol, dan lontong kemudian disiram dengan bumbu kacang yang telah dicampur petis. Penggunaan lontong sebagai salah satu bahan dasar membuat seporsi tahu gimbal terasa cukup mengenyangkan.

5. Mangut Kepala Ikan Manyung

Seakan tak mau kalah dengan daerah pesisir pantai yang punya banyak hidangan khas dari hasil laut, Semarang juga punya makanan istimewa bernama mangut kepala ikan manyung. Manyung adalah jenis yang banyak ditemukan di perairan laut utara Jawa.

Advertisement

Ikan tersebut kemudian diolah dengan santan dan aneka rempah untuk menghasilkan hidangan mangut yang sangat lezat. Tak hanya populer karena rasanya istimewa, ikan manyung juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena efektif meminimalkan gejala diabetes melitus, menjaga kesehatan kulit, dan mengatasi masalah kurang gizi.

6. Roti Ganjel Rel

Kalau Anda sedang ingin menikmati camilan manis saat liburan ke Semarang, jangan lupa mencoba kelezatan roti ganjel rel. Jika dilihat sekilas, roti ini memang sangat mirip dengan roti gambang khas Betawi. Bahan dasarnya terbuat dari tepung tapioka, air, gula, kayu manis, dan santan.

Advertisement

Uniknya, camilan khas Semarang ini dinamai ganjel rel karena teksturnya menyerupai bantalan rel kereta api yang sangat keras. Roti ganjel rel paling cocok dinikmati bersama secangkir teh atau kopi hangat sambil bersantai.

7. Asem Asem Daging

Kuliner khas Semarang berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah asem asem daging. Tampilan menu yang satu ini memang sangat mirip dengan sup, tetapi cita rasanya jauh berbeda karena cenderung asam segar. Rasa asam dalam asem asem daging berasal dari penggunaan larutan asam jawa dan irisan tomat hijau. Hidangan ini juga dilengkapi dengan cabai rawit utuh dalam kuahnya sehingga cocok bagi Anda yang menyukai rasa pedas.

8. Wedang Tahu

Advertisement

Satu lagi kuliner khas Semarang yang sayang untuk dilewatkan adalah wedang tahu. Hidangan manis ini sangat mirip dengan kembang tahu kuah jahe yang banyak dijajakan di Jabodetabek. Isiannya terdiri dari kembang tahu yang disajikan dengan siraman kuah gula merah dan jahe bercita rasa agak pedas. Sajian manis ini paling cocok dinikmati pada malam hari ketika cuaca dingin.

Selain delapan hidangan tersebut, tentu saja Semarang masih punya banyak kekayaan kuliner lainnya yang menunggu untuk dicicipi. Mari wujudkan rencana liburan ke Semarang agar Anda bisa berwisata kuliner sampai puas. (***)

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Pegowes Meninggal, Seusai Sepeda Hilang Kendali dan Terperosok ke Jurang Piyungan

Bantul
| Senin, 08 Agustus 2022, 16:27 WIB

Advertisement

alt

8 Hal yang dapat Diwariskan Ayah pada Anaknya, Tinggi Badan Salah Satunya

Lifestyle
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement