Advertisement

Jogja Hujan, Coba Cicipi Rekomendasi Kuliner Berikut untuk Menghangatkan Tubuh

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 02:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Jogja Hujan, Coba Cicipi Rekomendasi Kuliner Berikut untuk Menghangatkan Tubuh Sop Merah Bu Asih. - Harian Jogja - Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hujan yang turun di Jogja dan sekitarnya akhir-akhir ini masih akan bertahan beberapa bulan ke depan.

Biasanya, hawa dingin di musim hujan akan membuat kita menginginkan makanan atau minuman yang panas dan berkuah.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Hal ini bukan tanpa alasan. Penelitian mengungkap bahwa melahap makanan yang hangat memberi efek menenangkan. Selain itu, kita juga terdorong untuk memenuhi asupan makanan panas dan berkuah untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi di musim dingin.

Di Kota Jogja, ada sejumlah kuliner yang sangat cocok dinikmati saat musim hujan. Mulai dari wedangan, makanan berkuah, dan sajian pedas.

Berikut rekomendasi kuliner di Jogja untuk menghangatkan tubuh di musim hujan.

Wedang Tahu Bu Kardi

Wedang tahu merupakan minuman yang dibuat dari sari kedelai dan menyerupai puding. Dalam penyajiannya, semangkuk wedang tahu akan disiram kuah jahe yang nikmat.

Di Jogja, ada penjual wedang tahu yang sudah berjualan selama belasan tahun dan memiliki banyak pelanggan, yaitu Wedang Tahu Bu Sukardi. Setiap hari, kuliner ini bisa dijumpai di kawasan Jalan Kranggan, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja, sejak pukul 06.30 WIB.

Advertisement

Semangkuk wedang tahu di sana bisa dinikmati dengan harga Rp7 ribu saja. Makanan murah-meriah ini cocok jadi pilihan wisata kuliner pagi di Jogja dan bisa dinikmati segala usia karena teksturnya yang lembut serta rasa jahenya tidak berlebihan.

Sop Merah Bu Asih

Jika biasanya sop disajikan dengan kuah bening yang gurih, lain halnya dengan sop racikan Bu Asih. Di warungnya yang terletak di Pertigaan Lampu Merah Tungkak, Jalan Kolonel Sugiyono No. 74, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Jogja, sop disajikan dengan kuah pedas hasil campuran dengan pasta cabai.

Advertisement

Sop merah favorit orang Jogja ini memiliki paduan rasa gurih dan pedas. Isiannya adalah suwiran daging ayam. Selain itu, pelanggan bisa memilih isiannya dengan bagian ayam yang lain, seperti kepala, ceker, ataupun sayap.

Bagi warga Jogja yang ingin mencari kuliner yang bisa menghangatkan tubuh, sop merah ini bisa menjadi pilihan. Warung ini buka setiap hari sejak pukul 10.00 - 22.00 WIB. Harganya pun murah-meriah mulai belasan ribu, bergantung isian yang dipesan.

Bakmi Jawa Kadin

Menyebut bakmi jawa legendaris di Jogja tak bisa melewatkan Bakmi Kadin yang berdiri sejak 1947. Hidangan ini sangat pas dinikmati saat hawa dingin di musim hujan.

Advertisement

Warungnya terletak di dekat kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, Jalan Bintaran Kulon No. 6, Kota Jogja. Petunjuk lokasi inilah yang membuat nama Bakmi Kadin terkenal, selain anggapan lain bahwa Kadin merupakan nama singkatan dari perintisnya yaitu Karto Kasidin.

Di sana, sepiring bakmi jawa akan bersanding dengan isian kekian, suwiran ayam, kol, telur, tomat, dan daun bawang. Setiap porsi Bakmi Kadin bisa dinikmati seharga Rp25 ribu. Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk turut memesan wedang bajigur untuk membuat badan makin hangat. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement