Advertisement

Rekomendasi Pantai di Jogja dengan Laguna, Bisa untuk Santai Nyore

Lajeng Padmaratri
Senin, 24 Oktober 2022 - 00:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Rekomendasi Pantai di Jogja dengan Laguna, Bisa untuk Santai Nyore Laguna Pantai Depok. / Instagram anita.kurniawatty.khatulistiwa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pantai di Jogja memiliki banyak keunikan yang menarik wisatawan. Salah satunya yang memiliki laguna.

Laguna merupakan sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang berupa pasir atau batu karang. Perairan tenang ini biasanya dimanfaatkan untuk berenang atau perahu wisata berlayar.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Keberadaan laguna di destinasi pantai di Jogja tentunya menambah daya tarik wisata. Simak rekomendasi wisata ke laguna di beberapa pantai di Jogja berikut ini.

Laguna Pantai Glagah

Pantai Glagah berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Pantai ini sudah ramai dikunjungi wisatawan sejak lama. Selain pesona pantainya, laguna yang terletak di utara pantai ini juga menarik wisatawan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Mulanya, laguna ini terbentuk dari bagian daratan yang berbentuk agak cekung. Karena tersapu air pasang, cekungan itu kemudian terisi air. Lama-kelamaan, cekungan ini membentuk telaga luar yang berair tenang.

Laguna di Pantai Glagah biasanya dimanfaatkan untuk tempat wisata air. Seperti perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil bisa disewa wisatawan untuk berkeliling laguna. Selain itu, ada juga spot memancing di tepi laguna ini. Bahkan, padang rumput di sekitar laguna ini bisa digunakan untuk berkemah.

Laguna Pantai Wediombo

Advertisement

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota Jogja, namun wisatawan tidak akan kecewa dengan indahnya pemandangan di sana.

Pemandangan hamparan pasir putih yang luas serta gugusan karang mampu mengobati letih wisatawan yang menempuh perjalanan jauh. Belum lagi, di sana terdapat laguna di tengah gugusan karang.

Pengunjung bisa puas bermain air di laguna yang luas namun landai itu tanpa harus khawatir terseret ke lautan. Selain berenang di laguna, wisatawan juga bisa menikmati snorkeling lepas pantai.

Advertisement

Laguna Pantai Depok

Tempat wisata yang berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul ini menjadi referensi anyar untuk liburan. Daya tarik pemandangan Kali Opak yang membentang dan Jembatan Kretek II yang berdiri kokoh di atasnya mengundang wisatawan untuk segera berkunjung.

Di sekeliling laguna, terdapat padang rerumputan yang bisa digunakan untuk bersantai. Selain menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa menikmati kuliner hasil laut yang segar dan nikmat.

Jangan lupa mengabadikan momen ketika berkunjung di laguna pantai ini. Terutama, ketika senja tiba. Semburat langit jingga yang menggantung di atas lautan akan memanjakan mata.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

72 Festival di Jogja Hasilkan Ratusan Miliar Rupiah, Regulasi Kerap Jadi Penghambat

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Daftar 21 Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Lifestyle
| Minggu, 27 November 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement