Advertisement

Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya

Wibi Pangestu Pratama
Minggu, 04 Desember 2022 - 05:07 WIB
Bhekti Suryani
Wisata ke Singapura via Batam, Begini Triknya Singapura - Pegipegi

Advertisement

Harianjogja.com, SINGAPURA— The Lion City atau Singapura dapat menjadi pilihan destinasi wisata pada akhir tahun. Selain dengan penerbangan langsung, perjalanan ke sana pun dapat ditempuh dengan jalur laut via Batam.

Rentetan gedung pencakar langit Singapura dapat terlihat jelas dari pesisir utara dan barat laut Batam, Kepulauan Riau, karena jaraknya yang cukup dekat. Batam pun menjadi salah satu titik keberangkatan favorit untuk menuju Singapura.

Advertisement

Pada pekan ini, Bisnis mencoba berpelesir dari Singapura menuju Batam menggunakan moda transportasi laut. Prosesnya cukup mudah, sederhana, dengan pilihan waktu yang banyak tersedia, sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata.

Berikut rangkuman perjalanan Bisnis menuju Singapura via Batam yang dapat menjadi referensi terbaru bagi anda:

Persiapan Perjalanan

Pastikan sobat Bisnis memiliki paspor yang aktif saat hendak bepergian ke Singapura lewat Batam. Meskipun kedua pulau sangat berdekatan, wisata ke Singapura tetap terhitung sebagai perjalanan lintas yursdiksi dan akan melewati pemeriksaan imigrasi.

Sebelum perjalanan, tentukan terlebih dahulu estimasi waktu keberangkatan dan durasi atau lamanya berwisata di Singapura. Hal itu menjadi acuan untuk pemesanan tiket transportasi dan sewa hotel atau penginapan.

Perjalanan dari Batam ke Singapura melalui jalur laut dapat ditempuh dari dua titik keberangkatan, yakni terminal ferry Harbour Bay dan Batam Center. Kedua terminal itu berjarak sekitar 11 kilometer, pastikan sobat tidak salah lokasi saat hendak melakukan keberangkatan.

Adapun, terminal tujuan di Singapura adalah Harbourfront dan Tanah Merah. Anda dapat memilih terminal keberangkatan maupun terminal tujuan sesuai kebutuhan.

Terdapat empat operator kapal ferry yang menyediakan layanan transportasi dari Batam ke Singapura dan sebaliknya, yakni Majestic Fast Ferry, Horizon Fast Ferry, Batam Fast Ferry, dan Sindo Ferry.

Setiap operator memiliki jadwal dan titik keberangkatan yang berbeda-beda. Tersedianya berbagai operator membuat sobat Bisnis dapat menentukan waktu keberangkatan dan terminal ferry sesuai kebutuhan.

Pembelian tiket ferry dapat dilakukan melalui situs operator terkait, layanan atau jasa pemesanan tiket, maupun secara langsung di gerai operator ferry yang berada di pelabuhan. Pembelian tiket secara langsung atau proses check-in harus dilakukan paling tidak satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

BACA JUGA: Asyik! Kawasan Groundsill Opak Bakal Jadi Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru

Harga tiket ferry menuju Singapura berkisar Rp400.000 sekali jalan, dan akan lebih murah untuk pembelian tiket perjalanan pulang-pergi (PP). Apabila sobat Bisnis membeli tiket sekali jalan di Batam, maka pembelian tiket pulang dari Singapura berlaku dalam mata uang dolar Singapura.

Keberangkatan

Proses chek-in ferry dilakukan paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan dan boarding ke ferry 15 menit sebelum keberangkatan. Demi kenyamanan, sobat Bisnis dapat berada di terminal satu jam sebelum jadwal keberangkatan.

Saat keberangkatan, sobat Bisnis akan melewati tempat pengecekan barang. Lalu, anda akan melewati pos imigrasi untuk pengecekan paspor dan hal lainnya, baru kemudian memasuki ferry.

Perjalanan menuju Singapura menggunakan ferry berkisar 50 menit. Sehingga, jika ditambah dengan proses check-in, boarding, dan pemeriksaan imigrasi, total perjalanan bisa mencapai sekitar 1,5 jam.

Sebelum tiba di Singapura, pastikan sobat Bisnis sudah memiliki paket roaming untuk kebutuhan telekomunikasi atau menggunakan layanan wifi portable yang dapat dibeli di kios-kios terminal.

Sobat Bisnis dapat menukarkan uang rupiah dengan dolar Singapura baik di terminal keberangkatan Batam maupun kedatangan di Singapura. Gerai penukaran uang (money changer) mudah ditemui di setiap terminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bibisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Gorengan Saat Buka Puasa Bagi Penderita Maag Aman, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement