Advertisement

Sepakat Dukung Kenyamanan Wisatawan, Pelaku Wisata di Jogja Berdeklarasi Bersama

Abdul Hamied Razak
Senin, 26 Desember 2022 - 01:27 WIB
Arief Junianto
Sepakat Dukung Kenyamanan Wisatawan, Pelaku Wisata di Jogja Berdeklarasi Bersama Pelaku wisata di Prambanan menggelar Deklarasi Mewujudkan Destinasi yang Aman dan Nyaman demi Mewujudkan Kemandirian Ekonomi di Pring Ledok Tinjon, Minggu (25/12/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pelaku wisata di wilayah DIY terus berbenah menyongsong kebangkitan ekonomi dan pariwisata yang aman dan nyaman.

Dukungan tersebut diwujudkan dalam deklarasi yang digelar di Pring Ledok Tinjon, Prambanan, Minggu (25/12/2022).

Advertisement

Sekjen Lintas Komunitas Peduli Wisata Jogja, Arif Prihantoro menyampaikan Kapanewon Prambanan memiliki banyak lokasi wisata. Sebagai bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur–Yogyakarta–Prambanan (KSPN BYP), pelaku wisata terus berbenah menyambut wisatawan.

Salah satunya, kata Arif, destinasi wisata minat khusus fotografi Kebon Pring Ledok Tinjon di Kalurahan Madurejo, Kapanewon Prambanan, Sleman.

Dusun yang berpotensi sebagai destinasi wisata ini memiliki keunikan karena menyajikan suasana wisata desa yang kental dengan guyup, rukun, dan berbudaya.

"Pring Ledok Tinjon merupakan salah satu destinasi wisata yang dikelola oleh masyarakat. Tempat ini menyajikan rumpun bambu sebagai objek sport foto bagi fotografer profesional," kata Arif di sela-sela Deklarasi Mewujudkan Destinasi yang Aman dan Nyaman demi Mewujudkan Kemandirian Ekonomi di Pring Ledok Tinjon, Minggu.

BACA JUGA: Wow! Ada 19.000 Wisatawan Menyerbu Sleman, Bagaimana Arus Kendaraan?

Deklarasi tersebut diikuti oleh seluruh pelaku UMKM yang tergabung dalam Forkom UMKM Madurejo, Prambanan. Mereka bertekad untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Saat situasi berjalan aman dan nyaman, pariwisata dan perekonomian bisa berjalan lancar. Maka sedikit demi sedikit, ekonomi warga masyarakat mulai terangkat dengan wisata ini," ujar Arif yang juga Ketua Forkom Pokdarwis Kapanewon Prambanan ini.

Ketua Kelompok Wisata Pring Ledok Tinjon Ismanto menambahkan distinasi minat khusus fotografi tersebut sudah dikunjungi banyak fotografer dari daerah bahkan hasil karya mereka banyak diikutkan dalam perlombaan tingkat internasional.

"Keunggulan destinasi ini terletak pada rumpun bambunya. Apalagi saat pagi hari, sinar matahari yang masuk di sela-sela dedaunan menambah situasi pedesaan sangat kental," katanya.

Saat ini, lanjutnya, anak-anak muda di dusun tersebut mulai terlibat untuk mengembangkan destinasi tersebut. Diharapkan, keterlibatan kalangan pemuda bisa menambah inovasi dan kreatifitas untuk mengembangkan wisata minat khusus tersebut.

"Kami siap mendukung pertumbuhan ekonomi Nasional. Pring Ledok Tinjon siap mewujudkan destinasi wisata yang aman dan nyaman demi mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat," katanya.

Kasubdit 2 Dit Intelkam Polda DIY, AKBP Dwi Prasetyo mengapresiasi dan mendukung kegiatan itu. Menurutnya, keberadaan kegiatan pariwisata bertujuan meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Salah satunya warga yang bergerak di sektor UMKM.

"Pengembangan destinasi wisata akan berimbas positif terhadap perkembangan UMKM. Tentu kami mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat lewat UMKM yang dapat menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

2023 Ada 1.111 Tempat Ibadah di DIY yang Terima Bansos

Jogja
| Jum'at, 27 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Donor Darah Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Lifestyle
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement