Advertisement

Piknik ke Parangtritis, Jangan Lewatkan Naik ATV, Ini Tarif Sewanya

M140
Kamis, 29 Desember 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Piknik ke Parangtritis, Jangan Lewatkan Naik ATV, Ini Tarif Sewanya Wisatawan bersiap menyewa ATV di Pantai Parangtritis, Rabu (28/12/2022). - Harian Jogja/Dwi Cahyanti

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Pantai Selatan Bantul, khususnya Pantai Parangtritis menjadi tujuan favorit bagi wisatawan dari berbagai daerah setiap musim libur tiba, termasuk saat momen libur akhir tahun ini.

Salah satu wahana yang diincar oleh wisatawan selama ini adalah kendaraan ATV yang menyisiri pasir di sepanjang Pantai Parangtritis. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Wisatawan dari berbagai daerah berdatangan ke kawasan pantai Selatan Bantul sejak beberapa hari sebelum Natal. Hingga Rabu (28/12/2022) kunjungan terus meningkat, meskipun belum signifikan.

Di hari biasa, kebanyakan wisatawan berasal dari daerah sekitar, sementara saat weekend, didominasi wisatwan dari luar daerah. Namun, berbeda dengan penduduk setempat, sebagian besar penduduk setempat memanfaatkannya untuk menawarkan produk maupun jasa kepada wisatawan.

“Alhamdulillah selama libur Natal ini banyak wisatawan pantai yang menyewa ATV. Jika dibandingkan dengan hari-hari biasa jelas jauh,” kata pemilik dan pengelola jasa persewaan ATV di Pantai Parangtritis Purwanto.

BACA JUGA: 40.000 Kendaraan Diprediksi Masuk Parangtritis Saat Malam Tahun Baru

Menurut Purwanto, selama libur Natal sejak beberapa hari sebelum Natal, sudah banyak wisatawan yang menyewa ATV ini untuk berputar-putar di sekitar pantai, tidak sedikit orang juga menyewa untuk mengabadikan momen.

“Libur Natal kali ini menyediakan sekitar 40 unit ATV yang disewakan di Pantai Parangtritis, dan di beberapa titik lainnya juga disediakan, hampir setiap harinya terpakai semua. Saya berencana di libur tahun baru kali ini akan menambah unit ATV untuk disewakan,” ucap dia.

Purwanto telah mempersiapkan ATV sejak satu minggu sebelum diterjunkan. Hal-hal yang paling penting untuk disiapkan adalah rem juga mesin-mesinnya, agar berjalan dengan normal tanpa hambatan saat digunakan. Selepas dari rem dan mesin sudah aman.

“Tarif sewa ATV kecil [kapasitas dua orang] sebesar Rp50.000, sedangkan ATV besar [kapasitas 3-4 orang] tarif sewanya Rp100.000 sekali putaran. Waktu satu kali putaran kami beri waktu 20 menit sekali sewa,” kata Purwanto.

Saat ini jasa penyewaan ATV sudah meningkat 30% dari hari-hari biasa. Harapannya mampu jasa penyewaan ATV ini mampu meningkat lebih banyak lagi dilibur tahun baru dan sekolah ini. “Usaha persewaan ATV sudah mendapat izin dari masyarakat setempat, pokdarwis, serta Pemkab Bantul."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Selasa 7 Februari 2023, Siap-Siap Hujan!

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Simak Jadwal KRL Jogja Solo Selasa 7 Februari 2023

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement