Advertisement

Punya Arsitektur Megah, Perpustakaan Biara Terbesar Ini Ramai Didatangi Wisatawan

Lajeng Padmaratri
Rabu, 04 Januari 2023 - 19:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Punya Arsitektur Megah, Perpustakaan Biara Terbesar Ini Ramai Didatangi Wisatawan Biara Admont di Austria. / Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, ADMONT—Bangunan perpustakaan tidak biasanya jadi tempat wisata, apalagi jika bangunan gedungnya biasa saja. Namun, sebuah perpustakaan biara di Kota Admont, Austria justru ramai dikunjungi karena memiliki arsitektur yang cantik dan megah.

Perpustakaan Biara Admont itu disebut-sebut sebagai perpustakaan terbesar di dunia, selain juga yang terindah. Dindingnya tak hanya berhias rak buku penuh, melainkan juga lukisan indah hingga langit-langit. Tak heran jika perpustakaan ini jadi salah satu spot Instagramable di Austria.

Advertisement

Melansir Oddity Central, perpustakaan Biara Admont dirancang sejak tahun 1764 dan dibangun pada tahun-tahun berikutnya oleh arsitek barok Austria, Josef Hueber. Adapun biara itu sendiri sudah berusia 1.000 tahun lebih.

Perpustakaan Biara Admont itu memiliki daya tarik visual dari arsitektur, pahatan, dan lukisan dinding yang menakjubkan pada bangunan sepanjang 70 meter itu. Di langit-langitnya, terdapat tujuh kubah yang penuh dengan lukisan hingga menjadikannya salah satu perpustakaan terindah di dunia.

Sebagian besar patung yang ada di perpustakaan itu dibuat oleh pematung biara, Josef Stammel. Sementara, lukisan pada ketujuh kubah itu diciptakan oleh Bartolomeo Altomonte, yang berusia lebih dari 80 tahun saat mulai mengerjakannya.

Meski sudah berdiri ratusan tahun, namun sejatinya perpustakaan itu baru menjadi perhatian publik sekitar tiga tahun terakhir. Berkat media sosial, perpustakaan ini dipromosikan oleh para biarawan agar menjangkau audiens lebih luas. Hasilnya, kini perpustakaan itu jadi perpustakaan yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

2023 Ada 1.111 Tempat Ibadah di DIY yang Terima Bansos

Jogja
| Jum'at, 27 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Donor Darah Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Lifestyle
| Jum'at, 27 Januari 2023, 07:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement