Advertisement

Simak! Rekomendasi Destinasi Wisata Bertema Pecinan saat Libur Imlek

Abdul Hamied Razak
Rabu, 18 Januari 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
Simak! Rekomendasi Destinasi Wisata Bertema Pecinan saat Libur Imlek Kelompok Hoo Hap Hwee memainkan atraksi liong pada saat warga Tionghoa Jogja merayakan perayaan Tiong Ciu atau perayaan Bulan Purnama di halaman Klenteng Tjen Lig Kiong Jl. Poncowinatan, Jogja, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 pada Minggu (22/1/2023) menjadi salah satu momentum yang ditunggu-tunggu. Apalagi setelah pemerintah secara resmi mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada akhir tahun lalu.

Berdasarkan surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 cuti bersama perayaan tahun baru imlek jatuh pada Senin (23/1/2023). Longweekend pekan ini bisa dimanfaatkan untuk menikmati perayaan imlek.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Setelah kebijakan PPKM dicabut pada akhir tahun 2022 menjadi momentum tepat untuk merencanakan perjalanan dengan manfaatkan cuti bersama untuk nikmati suasana imlek ke berbagai destinasi yang sarat dengan suasana Imlek," ujar Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com, Selasa (17/1/2023).

BACA JUGA : Kelenteng Poncowinatan Berusia 141 Tahun, Ini Harapan

Untuk wisatawan di Jogja, mereka akan disuguhi kegiatan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) yang ke XVIII di kawasan Ketandan, Kota Jogja selama satu minggu mulai 30 Januari hingga 5 Februari 2023. Kali ini, PBTY 2023 mengangkat tema ‘Bangkit Jogjaku, Untuk Indonesia’.

Selain di Ketandan yang berada di Kawasan Malioboro, masyarakat bisa mengunjungi sejumlah tempat lain bernuansa Imlek di Kelenteng Kwan Tee Kiong terletak di kawasan Jalan Poncowinatan, Kranggan, Jetis, Kota Jogja. Kelenteng Poncowinatan ini didirikan pada 1879 oleh Sultan Hamengku Buwono VII di atas tanah hibah Kraton Ngayogyakarta dan diberikan kepada masyarakat Tionghoa. Di usianya yang lebih dari seabad, kelenteng ini menjadi salah satu simbol multikulturalisme di Jogja. 

Kemudian ada Klenteng Fuk Ling Miau yang berada di sebelah selatan Simpang Empat Gondomanan atau hanya berjarak sekitar 100 meter sebelah timur dari titik nol Malioboro. Dalam perayaan imlek, biasanya kelenteng ini memiliki sejumlah kegiatan menarik, seperti atraksi Barongsai.

Selain di Jogja, ada sejumlah rekomendasikan destinasi wisata Pecinan yang ramah di kantong untuk sambut dan rayakan liburan Imlek tahun 2023. Masyarakat, misalnya, bisa menikmati kegiatan wisata menelusuri area pecinan di Kawasan Klenteng dan Pasar Petak Sembilan di area Glodok Jakarta Barat. Adapula area fotogenik Pantjoran PIK di utara Jakarta yang menawarkan menginap apartment  akwook PIK Jakarta ataupun Fraser Residence Menteng.

Wisatawan dengan tujuan Bogor - Bandung, Jawa Barat, bisa menelusuri kawasan komunitas Tionghoa di area Suryakencana, Bogor. Area ini memiliki kawasan unik sebagai pecinan Bogor karena berbaur dengan budaya lokal suku Sunda sehingga menghasilkan ragam budaya dan kuliner yang khas. 

BACA JUGA : Kelenteng Poncowinatan Bersolek Menyambut Imlek

Untuk wisatawan yang berlibur di Semarang, Jawa Tengah, terdapat kelenteng wisata terkenal, Kelenteng Sam Poo Kong di daerah Simongan, Kota Semarang. Adapun di Surabaya, Jawa Timur, libur imlek bisa dilakukan wisatawan dengan mengunjungi Kelenteng Hong Tiek Hian. Kelenteng ini terkenal akan pusat kemeriahan perayaan dan penyandang status kelenteng tertua di Surabaya. Wisatawan juga dapat mengunjungi Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun untuk menikmati wisata kuliner khas Tionghoa maupun kuliner mancanegara.

Selain kawasan domestik, beberapa rekomendasi seru untuk short weekend getaway di negara tetangga Indonesia saat liburan Imlek. Seperti tujuan Malaysia. Kemeriahan Tahun Baru Imlek di area Chinatown di jalan Petaling. Tidak kalah seru saat merayakan Imlek di Thailand. Ibukota Bangkok menjadi komplek pecinan terbesar kedua di dunia. Saat Imlek, festival kuliner akan selalu digelar untuk sekedar memanjakan lidah para pengunjung. 

Masyarakat dari luar DIY bisa mengakses platform digital untuk memesan penginapan jika ingin di beberapa lokasi tujuan wisata imlek tersebut. "Di tengah situasi semakin landai saat ini semakin banyak pilihan bagi masyarakat yang ingin mencari destinasi untuk liburan imlek," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemahaman tentang Kanker Akan Turunkan Risiko Kematian

Sleman
| Senin, 06 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Bahaya Tidak Melepas Anting saat Tidur

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 04:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement