Advertisement

Banyak Destinasi di Prambanan, Dijamin Puas Piknik Seharian

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 26 Januari 2023 - 06:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Banyak Destinasi di Prambanan, Dijamin Puas Piknik Seharian Fashion Show Ethnic Culture di Rama Shinta Garden Resto, Candi Prambanan, Selasa (17/5/2022) malam.Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Prambanan sebagai salah satu kapanewon di Kabupaten Sleman, memiliki segudang objek wisata yang menarik pengunjung. Mulai dari candi, wisata panorama hingga wisata religi tersedia di sini. 

Jika ingin berwisata dalam waktu sehari, sepertinya Prambanan bisa menjadi pilihan karena lokasi antara satu destinasi dengan yang lain tidak jauh. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berikut ini daftar wisata di Prambanan yang bisa kamu kunjungi dalam waktu sehari:

Baca juga: Dikira Hilang 25 Tahun karena Takut Disunat, Pria Ini Ternyata Tinggal di Pasar Kepek Bantul

1. Candi Prambanan

Objek wisata ini begitu populer di mata negara dunia sehingga banyak turis asing yang hilir mudik menikmati kegagahan candi Hindu ini. Lokasinya berada Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan.

Mengutip Wikipedia, Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu dewa Brahma sebagai dewa pencipta, dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan dewa Siwa sebagai dewa pemusnah.

2. Candi Ratu Boko

Bergeser ke selatan sekitar 3 kilometer, ada Candi Ratu Boko yang tidak kalah eksotis dengan Candi Prambanan. 

Candi ini juga disebut Istana Raja Baka yang berlokasi di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan. Candi ini memiliki suasana romantis di petang hari. 

3. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah taman wisata alam yang merupakan perbukitan batuan breksi. Tebing batuan breksi yang memiliki ukiran yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Lokasinya sekitar 1 kilometer dari Candi Ratu Boko. 

4. Candi Ijo

Sama dengan Candi Prambanan, Candi Ijo juga bercorak Hindu. Lokasinya di Jl. Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman atau 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Candi ini diperkirakan dibangun antara abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram. 

Letaknya di perbukitan membuat wisatawan dapat menikmati Jogja dari ketinggian. Di sini, wisatawan juga dapat menyaksikanlalu lintas pesawat yang landing dan take off dari Bandara Adisutjipto. Sunset dari Candi Ijo juga dikenal cantik sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan waktu hingga petang hari.

5. Rumah Domes

Desa Wisata Rumah Domes terletak di Sengir RT.06/RW.25, Sengir, Sumberharjo, Prambanan. Objek wisata unik karena terdiri dari rumah-rumah berbentuk dome atau setengah bola. Setiap rumah memiliki cat yang berbeda sehingga jika dilihat dari atas tampak berwarna-warni. 

Bukan sekadar tempat wisata, rumah-rumah dome ini dihuni oleh warga yang menjadi korban gempa Bantul 2006. Rumah itu didesain berbentuk dome karena dinilai lebih tahan guncangan.

6. Bukit Teletubies

Tak jauh dari Rumah Domes dan sedikit menanjak ke perbukitan, terdapat destinasi wisata Bukit Teletubies. Meski sudah berada di tempat yang tinggi, gardu pandang yang ada di tempat ini semakin membuat wisatawan lebih leluasa untuk menikmati pemandangan alam dari atas perbukitan. 

7. Goa Maria Sendang Sriningsih

Bagi wisatawan yang beragama Katolik dan ingin melakukan ziarah ke Goa Maria, Prambanan memiliki satu destinasi wisata religi yakni Goa Maria Sendang Sriningsih. Lokasinya di Jali, Gayamharjo, Prambanan. Tempat ini dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat sekalipun berada di perbukitan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Selasa 7 Februari 2023, Siap-Siap Hujan!

Jogja
| Selasa, 07 Februari 2023, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Simak Jadwal KRL Jogja Solo Selasa 7 Februari 2023

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement