Advertisement

6 Lokasi Wisata Hutan Pinus Jogja, Bisa untuk Camping Juga

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 11 Februari 2023 - 21:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Lokasi Wisata Hutan Pinus Jogja, Bisa untuk Camping Juga Wisatawan berkunjung ke Pinus Sari Mangunan, Selasa (3/5/2022). - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja memiliki objek wisata alam yang cantik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah wisata hutan pinus.

Salah satu kawasan hutan pinus paling terkenal adalah di wilayah Dlingo, Bantul. 

Advertisement

Banyaknya pepohonan yang tinggi menjulang membuat kawasan wisata ini rindang. Cocok bagi masyarakat yang ingin melepaskan penat setelah sepekan beraktivitas.

Di lokasi wisata ini banyak disewakan hammock sehingga wisatawan bisa tiduran di situ sembari menikmati hawa segar di tengah hutan pinus. Bahkan saat malam hari,objek-objek wisata ini juga menawarkan fasilitas untuk berkemah atau camping. 

Baca juga: Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Berikut ini 5 objek wisata hutan pinus yang ada di Bantul:

1. Pinus Pengger

Pinus Pengger menyajikan keindahan hutan pinus. Pengelola menghadirkan beragam spot selfie yang terbuat dari ranting-ranting pohon. Suasana malam hari semakin seru setelah melihat lampu kota yang gemerlapan dari objek wisata Pinus Pengger ini.

Bagi yang suka foto-foto ala Instagramable, kawasan satu ini wajib dikunjungi. Hutan Pinus Pengger ini termasuk kawasan hutan pinus yang menyediakan berbagai fasilitas menarik untuk spot foto andalan.

Salah satunya yakni sebuah sarang burung raksasa dengan pemandangan Kota Jogja dari tampak atas. Waktu yang pas untuk berkunjung adalah saat malam hari, ketika lampu kota saling menyala.

Untuk memasuki kawasan ini cukup siapkan Rp5.000 untuk tiket masuk. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Kawasan ini berlokasi di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

2. Pinus Asri Karangasem

Pinus Asri Karangasem berlokasi di Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul. Spot ini identik dengan sebuah spot foto yang dikelilingi bunga matahari untuk para pengunjung.

Harga tiket masuk di tempat ini cukup murah, yakni Rp2.500 per orang, Rp2.000 untuk motor, dan Rp10.000 untuk mobil. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

3. Seribu Batu Songgo Langit

Wisata pinus selanjutnya adalah Seribu Batu Songgo Langit yang juga terletak di kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul. Tempat ini menghadirkan wisata alam yang buka dari pagi hingga malam hari. Suasana malam hari tak kalah seru karena menyajikan spot menarik yang bisa menjadi tempat berfoto bersama pasangan.

Spot yang ada adalah jembatan panjang dari kayu yang dililiti lampu sehingga jembatan terkesan melayang di malam hari. Ada juga deretan gubuk rumah kayu, rumah hobbit seperti di negeri dongen serta taman yang indah.

Bagi yang ingin bermalam, pengelola juga menyediakan glamping (glamour camping), sebuah layanan berkemah dengan fasilitas mewah. Ada pula puncak Seribu Batu yang bisa menjadi spot untuk menikmati indahnya malam dari ketinggian.

Bicara soal harga tiket, tempat ini tidak membutuhkan kocek terlalu mahal cukup mengeluarkan uang Rp3.000 saja sudah bisa menikmati sejuknya udara hutan. Untuk jam operasionalnya dari pukul 06:00 hingga 23.00 WIB

4. Hutan Pinus Mangunan

Sesuai namanya, Hutan Pinus Mangunan menghadirkan sensasi berwisata di bawah rindangnya hutan pinus. Ribuan pohon berusia puluhan bahkan ratusan tahun menjadi objek yang ditawarkan di sini. Pengunjung bisa menikmatinya sembari tiduran di hammock yang disewa.

Kawasan yang berlokasi di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, ini dipenuhi pepohonan tinggi dengan tanaman pinus yang tersebar rata. Suasananya yang sejuk nan asri, membuat para wisatawan bisa bersantai lama di tempat ini tanpa rasa bosan. Untuk rute kawasan wisata hutan pinus ini akan memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Jogja.

Harga tiket tempat wisata Mangunan ini cukup murah yakni Rp5.000. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

5. Puncak Pinus Becici

Siapa yang tak kenal dengan hutan pinus ini? Ya, wahana Puncak Pinus Becici ini pernah dikunjungi mantan presiden AS, yakni Barack Obama.

Tempat wisata yang berlokasi di Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikelilingi pepohonan pinus dengan luas mencapai 4,4 hektar.

Bagi yang menyukai keindahan alam berlatarkan kota Yogyakarta, ini menjadi pilihan tepat. Untuk harga tiket masuk tempat ini dibanderol cukup murah, yakni Rp5.000 per orang, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

6. Bukit Lintang Sewu

Tempat satu ini diselimuti pinus dengan berbagai fasilitas unik yang menarik. Berlokasi di Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul, rute menuju tempat ini agak sulit dengan jalan bebatuan, jadi harus lebih berhati-hati.

Untuk menikmati udara sejuk nan asri di tempat ini, hanya cukup membayar Rp2.000 saja. Sedangkan jam operasionalnya dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Berpuasa di Musim Hujan, Gunakan Ramuan Jahe untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement