Advertisement

Di Negara Ini, Pohon yang Tumbuh Terbalik Jadi Rujukan Wisatawan

Lajeng Padmaratri
Minggu, 12 Februari 2023 - 22:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Di Negara Ini, Pohon yang Tumbuh Terbalik Jadi Rujukan Wisatawan Sebuah pohon tumbuh terbalik di bekas gerbang Romawi kuno di Kota Baiae, Italia. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, BAIAE—Reruntuhan kuno Baiae, dekat kota modern Bacoli di Italia merupakan rumah bagi fenomena botani yang aneh. Pasalnya, di sana ada pohon ara yang tumbuh terbalik.

Melansir Oddity Central, sebuah pohon tumbuh dengan gigih dari langit-langit gerbang Romawi kuno, sehingga dinamakan pohon terbalik. Fenomena ini pun banyak dikagumi orang karena pohon yang tumbuh dari atas ke arah tanah tentu yang cukup langka.

Advertisement

Tidak ada yang tahu persis bagaimana pohon ara sudah berapa lama tumbuh di sana. Namun, satu hal yang pasti, pohon itu tumbuh lebih kuat setiap tahun meskipun lokasinya aneh. Bahkan, kadang-kadang berbuah.

Pohon ara biasa (Ficus carica) adalah salah satu tanaman pertama yang pernah dibudidayakan oleh manusia. Arsip menyatakan bahwa fosil ara telah ditemukan di Lembah Yordan sejak 9400 SM. Jadi masuk akal bila pohon yang melawan gravitasi ini terletak di kota Romawi kuno Baiae.

Pohon ara biasanya lebih menyukai tempat yang kering dan cerah, tetapi akarnya yang kuat dan kemampuannya untuk berkembang dengan sedikit air memungkinkan tanaman untuk menopang dirinya sendiri di tempat yang tidak ramah. Pohon yang terbalik adalah buktinya.

Baiae dulunya merupakan tempat peristirahatan yang ramai untuk kelas penguasa Roma. Sekarang, kota itu menjadi taman arkeologi yang menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, pohon ara yang terbalik telah menjadi salah satu daya tarik terbesar destinasi itu. Bagaimanapun, itu menjadi bukti bahwa alam selalu menemukan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penanggulangan Kemiskinan Optimalkan Kader Khusus, Pendampingan Warga Miskin Makin Intensif

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement