Advertisement

Wajib Coba! 4 Lokasi Snorkeling Paling Worth It di Pantai Jogja

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 16 Maret 2023 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wajib Coba! 4 Lokasi Snorkeling Paling Worth It di Pantai Jogja Kegiatan snorkeling - Istockphoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAWilayah pantai di DIY tersebar di sepanjang garis Pantai Selatan dan terkenal dengan ombak besarnya. Akan tetapi ada beberapa pantai dengan ombak tenang dan memungkinkan untuk melakukan snorkeling untuk memandangi daya pikat biota laut di pantai selatan.

Snorkeling adalah berenang di permukaan laut dengan bantuan alat pernapasan bernama snorkel. Biasanya dilakukan pada kedalaman laut dangkal dengan maksimal 5 meter saja.

Advertisement

Khawatir karena tidak bisa berenang? Kamu tetap bisa melihat ikan, karang-karang, dan biota laut lainnya dengan memakai pelampung. 

Berikut ini rekomendasi pantai di Jogja yang bisa snorkeling:

Baca juga: 5 Langkah-Langkah Mandi Menggunakan Shower

1. Pantai Wediombo

Pantai dengan hamparan pasir dan batuan karang bisa ditemukan di Wediombo. Batuan karang yang membentuk laguna secara alami ini ialah pilihan pertama spot menyelam seharga Rp30.000.

Sedangkan spot lain mesti naik perahu ke tengah laut terlebih dahulu warga sekitar menyebutnya di ‘belakang ombak’ cukup membayar Rp80.000. Tak hanya cocok jadi lokasi snorkeling, ombak pantai Wediombo juga sempurna untuk para surfer.

2. Pantai Nglambor

Memiliki keunikan bentuk karang yang menyerupai kura-kura raksasa ialah salah satu daya tarik spot snorkeling di Pantai Nglambor ini. Ombaknya yang cenderung tenang bahkan cenderung landai aman untuk kamu yang ingin menyalami keindahan lautan Jogja.

Pulau karang sang pemecah ombak inilah alasan ombak Pantai Nglambor begitu tenang sekaligus spot populer bagi para wisatawan. Cukup membayar Rp50 ribu untuk menyewa alat-alat snorkeling, kamu sudah siap menjelajah.

3. Pantai Sadranan

Dua spot Watu Pecah dan Kali Senggoro jadi andalan saat snorkeling di Pantai Sadranan. Tanpa batas waktu bahkan bisa foto-foto saat snorkeling kamu hanya perlu merogoh saku sebesar Rp50.000 untuk menyewa alat dan pemandu sekaligus pengarah gayamu saat sesi foto berlangsung.

Kamu juga bisa mencoba bermain kano atau menghabiskan waktu semalam dengan camping di pantai Sadranan.

4. Pantai Drini

Tak seluas dibanding pantai lainnya, spot menyelam-nya tak kalah memikat. Berbekal uang Rp50.000 saja kamu akan dipinjamkan masker/kacamata selam, snorkel, pelampung, sepatu karet, bahkan kamera tahan air untuk foto-foto kece kamu. Tak hanya itu kamu pun bisa ditemani guide atau pemandu untuk mengunjungi spot-spot terbaik di kedalaman laut pantai Drini.

Snorkeling dengan ombak tenang paling baik dilakukan saat pagi hari, saat air laut masih dalam keadaan surut. Datanglah lebih pagi untuk mencoba kesempatan di kedalaman laut Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak, 5 Kambing Hilang dalam Semalam

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement