Advertisement

Sederet Tempat Wisata Gratis Jogja yang Cocok untuk Buka Puasa

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 16 Maret 2023 - 19:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sederet Tempat Wisata Gratis Jogja yang Cocok untuk Buka Puasa Suasana Alun Alun Kidul Kota Jogja 14 Februari 2022 - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berwisata di tempat yang gratis dan banyak makanannya, tentu banyak yang suka bukan?

Nah, di Jogja banyak objek wisata gratis yang membuat pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk layaknya destinasi wisata komersial lainnya.

Advertisement

Selain gratis, objek wisata yang ada di Jogja ini juga menawarkan beragam kuliner yang cocok sebagai menu buka puasa Anda. Sembari menunggu berbuka puasa, Anda juga bisa memanjakan diri dengan berfoto-foto di spot-spot menarik yang disediakan.

Mau tahu di mana saja? Berikut ini objek wisata gratis di Jogja yang bisa Anda kunjungi menjelang waktu buka puasa:

1. Alun-Alun Kidul

Objek wisata yang ada di Jalan Alun Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Jogja ini juga gratis untuk umum. Anda hanya butuh uang sekitar Rp5.000 untuk parkir kendaraan.

Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah sore hari menjelang senja agar tidak terlalu panas. Tempat ini merupakan lapangan terbuka di tengah kota sehingga jika siang hari akan terasa panas.

Anda bisa duduk santai di rerumputan alun-alun sembari menikmati bekal dari rumah untuk buka puasa. Bagi yang ingin mencicipi jajanan kaki lima juga bisa merapat ke tepi alun-alun. Banyak pedagang makanan dan minuman di situ, seperti wedang ronde, mi instan, jajanan kekinian seperti takoyaki, dan masih banyak lagi.

2. Titik Nol Jogja

Siapkan uang parkir saja jika ke Titik Nol karena berwisata di tempat ini tidak dipungut biaya. Tidak ada karcis masuk alias gratis.

Dengan uang yang relatif murah, Anda sudah bisa menikmati suasana Jogja yang selalu dirindukan banyak orang itu. Anda bisa duduk di pedestrian sembari berfoto dan juga menyaksikan lalu lalang transportasi tradisional andong yang membawa penumpang.

Di situ Anda juga bisa berfoto di Monumen Serangan Umum 1 Maret yang berada tepat di sisi timur laut Titik Nol. Butuh jajan untuk buka puasa? Anda bisa merapat ke sisi selatan Titik Nol karena di situ banyak pedagang makanan yang berderet di sepanjang jalan.

3. Tugu Pal Putih

Sebagai ikon Jogja, Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih tidak pernah sepi pengunjung. Mereka tidak perlu membayar tiket untuk bisa berfoto di seputaran Tugu Jogja ini.

Namun Anda perlu berhati-hati saat foto di Tugu karena lokasinya berada di tengah-tengah simpang empat yang ramai kendaraan. Tidak disarankan untuk berfoto di sampingnya karena pemerintah sudah memberikan batas dengan pagar besi di sekeliling Tugu Jogja.

Anda bisa berfoto dari monumen Tugu Golong Gilig yang ada di tenggara Tugu Jogja atau di cafe-cafe yang ada di seputaran Tugu sembari mencicipi hidangan buka puasa.

4. Stadion Maguwoharjo

Bukan di dalam stadionnya ya, tetapi di sepanjang jalan depan stadion. Di tempat ini kamu akan menjumpai ratusan pedagang yang berjejer mulai sore hari. Dari jalanan arah timur, utara maupun selatan, akan dipenuhi beragam jajanan kuliner dengan harga terjangkau.

Kamu bisa memilih, ingin berbuka puasa dengan menu ala Jawa atau internasional. Ada penyetan, wedang ronde, manisan buah, cilok, mi ayam, dimsum, cumi bakar, aneka olahan ikan laut dan masih banyak lagi. 

Sama seperti di Alun-Alun Kidul, do objek wisata kuliner Stadion Maguwoharjo ini kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp5.000 untuk parkir kendaraan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bolos Kerja Lebih dari 28 Hari, Seorang ASN di Sleman Dipecat

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Stres Bekerja Juga Sebabkan Sakit Punggung Loh!

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement