Advertisement

Rekomendasi Objek Wisata untuk Wisatawan yang Berpuasa, Anti-Lelah & Anti-Batal

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 30 Maret 2023 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rekomendasi Objek Wisata untuk Wisatawan yang Berpuasa, Anti-Lelah & Anti-Batal Sejumlah peserta mengikuti Lomba Dayung Danlanal Yogyakarta Cup 2018 di Waduk Sermo, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Minggu (16/12/2018) - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ibadah puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan, termasuk untuk berwisata. Setuju?

Keinginan untuk piknik memang kerap muncul di tengah ibadah puasa Ramadan yang sedang dijalankan. Namun jangan khawatir, banyak objek wisata di Jogja yang bisa dikunjungi saat puasa. Dijamin Anda tidak kelelahan karena harus berjalan jauh di tempat wisata ini. 

Advertisement

Berikut ini 5 rekomendasi tempat wisata di Jogja yang ramah bagi umat Muslim yang sedang berpuasa, yang tidak membuat wisatawan capai dan batal puasanya:

1. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri berada di kompleks wisata Kaliurang, Pakem, Sleman. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi dan hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari puncak gunung membuat hawa di tempat ini dingin, apalagi saat pagi dan malam hari.

Baca juga: 8 Tips Mendaki Gunung Saat Ramadan agar Puasa Tetap Lancar dan Nyaman

Sesuai namanya, Tlogo Putri menyajikan pemandangan telaga yang dipenuhi dengan ikan-ikan air tawar. Telaga ini hampir dikelilingi perbukitan tinggi yang penuh dengan tumbuhan hijau. Saat siang menjelang sore, kawanan kera akan turun dari bukit dan bermain di sekitar telaga. Anda bisa duduk-duduk di kursi yang ada di sekeliling telaga sembari melihat kelincahan satwa-satwa itu. 

Lokasi telaga tidak jauh dari parkiran sehingga pengunjung tidak perlu berjalan jauh. Hawa dingin dan indahnya pemandangan di tempat ini akan tetap mendukung ibadah puasa Anda.

Bagi yang ingin sekalian berbuka puasa, bisa datang menjelang sore karena di kanan kiri objek wisata ini banyak warung makan yang menawarkan beragam kuliner khas Kaliurang seperti sate kelinci dan jadah tempe. Jalan menuju destinasi ini mudah dijangkau dan antimacet sehingga bisa dijangkau oleh pengunjung dari daerah manapun.

2. Suraloka Zoo

Bertolak ke arah barat daya dari Telaga Putri, wisatawan bisa menemukan objek wisata baru di Kaliurang bernama Suraloka Zoo. Tempat ini menyajikan kebun binatang dan wahana bermain untuk anak-anak.

Suraloka Zoo tidak seperti kebun binatang lain yang mengharuskan pengunjung berjalan cukup jauh untuk menyaksikan koleksi satwa. Di tempat ini, beragam satwa jinak dan bersahabat dengan anak-anak dihadirkan dalam sebuah tempat yang tidak terlalu luas. Pengelola menyebutnya dengan mini zoo atau kebun binatang kecil.

Kalangan ibu-ibu juga bisa cuci mata di sini. Ada greenhouse yang menawarkan ratusan koleksi tanaman, salah satunya anggrek. Bagi yang ingin bersantap buka puasa, Suraloka Zoo juga memiliki cafe yang buka sampai malam hari.

3. Pantai Sundak

Dari puluhan pantai yang membentang dari ujung barat hingga timur Gunungkidul, Pantai Sundak menjadi salah satu pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat masa Ramadan. Pantai ini memiliki halaman luas yang ditumbuhi pepohonan tinggi sehingga membuat lingkungan di sini tidak panas.

Bagi Anda yang memiliki waktu luang di akhir pekan, Anda juga bisa mendirikan tenda di halaman ini. Anda bisa datang siang hari, mulai mendirikan tenda, bermain ombak sebentar sembari menunggu waktu berbuka, menghabiskan malam di tenda, sahur di tenda, dan saat pagi bisa menikmati sinar matahari yang muncul dari balik perbukitan.

Jangan khawatir karena warga yang berjualan di sekitar pantai menyajikan makanan yang Anda butuhkan. Seperti nasi rames, nasi lauk ikan laut, mi instan, atau kelapa muda.

Di bibir pantai juga berdiri gazebo-gazebo yang bisa dijadikan tempat istirahat sembari menikmati hawa pantai dan menyaksikan gulungan ombak yang saling berkejar-kejaran. Lokasi parkiran tidak jauh dari pantai sehingga berwisata di sini tidak membuat puasa Anda batal karena capai berjalan.

4. Waduk Sermo

Di Kulonprogo, Waduk Sermo bisa menjadi pilihan berwisata saat Anda puasa. Anda tidak perlu berjalan berkeliling waduk. Anda cukup memilih lokasi parkir, duduk di pinggir waduk menikmati air tenang di situ dan menyaksikan perahu-perahu wisata yang berlalu-lalang.

Anda pun juga bisa menaikinya. Lebih enak jika Anda menaiki perahu wisata itu saat sore hari. Anda bisa menikmati suasana matahari tenggelam atau sunset dari tengah danau. Cuaca dingin khas perbukitan Menoreh juga tidak akan membuat puasa Anda batal.

Warung-warung makan juga siap melayani Anda yang akan berbuka puasa di sini. Bagi yang ingin camping, Waduk Sermo juga menyediakan camping ground yang nyaman dan harganya terjangkau.

Itulah lima rekomendasi tempat berwisata di Jogja saat Anda sedang puasa. Ingin coba yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM di Sleman, Sabtu 15 Juni 2024, Cek di Sini

Sleman
| Sabtu, 15 Juni 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Batasi Konsumsi Kafein Agar Kualitas Tidur Meningkat

Lifestyle
| Jum'at, 14 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement