Advertisement

Hasil Survei, Pantai Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan saat Lebaran

Aziz Rahardyan
Minggu, 23 April 2023 - 07:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hasil Survei, Pantai Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan saat Lebaran Wisata air terjun - Pemprov Bali

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Berdasarkan hasil survei dari beragam sumber, wisata pantai akan banyak dikunjungi wisatawan pada momentum Lebaran ini.

Objek wisata yang lainnya, besar kemungkinan juga akan mengalami kenaikan pengunjung. Hal ini imbas dari pemulihan kondisi perekonomian dan hilangnya pembatasan akibat pandemi Covid-19.

Advertisement

Survei Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terhadap 832 responden menyebut bahwa 92 persen dari total responden mengaku akan berwisata. Sebagai informasi, data survei yang berlangsung sejak 31 Maret 2023 sampai 14 April 2023 ini bersifat sementara, karena survei masih akan terus berlangsung sampai 28 April 2023.

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut bahwa pergerakan masyarakat selama libur lebaran yang berpotensi mencapai 123,8 juta orang dengan perputaran ekonomi mencapai Rp240,1 triliun.

Preferensi untuk berwisata terbagi atas 5 tempat wisata favorit, di mana 58 persen dari para responden memilih tempat wisata yang berlokasi di kota domisili atau tujuan mudik.

Baca juga: Spot Camping Hits di Jogja, Pemudik Wajib Coba!

"Ke mana mereka akan pergi? Preferensinya pantai, danau, dan laut lebih dari 64 persen, kemudian pusat kuliner 54 persen, pegunungan atau agrowisata 51 persen lebih, taman rekreasi 36 persen lebih, dan desa wisata hampir mencapai 30 persen," ujar Sandi dalam Extended The Weekly Brief, dikutip Minggu (23/4/2023).

Sedikit berbeda, proyeksi dari platform Pegipegi berdasarkan gambaran tren tahun lalu berdasarkan Pegipegi Travel Report 2022 mengungkap potensi tumbuhnya tempat-tempat wisata dengan branding sebagai tempat healing.

Berdasarkan survei terhadap 450 responden pelanggan Pegipegi, 80 persen mengaku tetap akan melakukan traveling pada 2023, di mana 71 persen dari responden tersebut memiliki preferensi mencari tempat healing atau refreshing untuk menemukan suasana baru.

Menurut Pegipegi, penggunaan kata 'healing' yang masif di mesin pencarian Google, ditambah temuan Pegipegi Travel Report 2022 mengonfirmasi tumbuhnya wellness tourism alias tempat yang menawarkan konsep wisata dengan tujuan menjaga dan memelihara kesehatan mental dan jasmani.

Alhasil, tempat pilihan tersebut, antara lain tempat traveling yang mengakomodasi tujuan mendekatkan diri ke alam, sambil memanfaatkan momen perjalanannya untuk merawat tubuh, jiwa, dan menyegarkan pikiran. 

Pegipegi juga melihat masyarakat di perkotaan juga semakin tertarik dengan konsep kemping mewah atau akrab disebut glamping. Terlebih, tren eksplorasi destinasi-destinasi alam cantik di Indonesia yang belum diketahui banyak orang (hidden gems) juga menarik di kalangan generasi Z.

Selain itu, secara umum aktivitas kemping dan wisata alam juga mengakomodasi tren wisata bujet rendah alias frugal travel. Pasalnya, Pegipegi Travel Report 2022 membuktikan bahwa 36 persen responden mengalokasikan bujet Rp1-3 juta saja, sementara untuk bujet Rp3-5 juta sebanyak 25 persen, dan bujet Rp5-7 juta hanya mencapai 12 persen.

Jadi, sudah kah Anda menentukan tempat-tempat wisata pilihan untuk mengisi libur lebaran 2023?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement