Advertisement

Foto Underwater Jadi Incaran, Kunjungan ke Umbul Ponggok Naik Drastis

Newswire
Senin, 24 April 2023 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Foto Underwater Jadi Incaran, Kunjungan ke Umbul Ponggok Naik Drastis Warga berwisata di Umbul Ponggok, Ponggok, Polanharjo, Klaten, pada H1 Lebaran, Minggu (23/4/2023). - Solopos.com/Maymunah Nasution

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Kunjungan wisatawan ke Umbul Ponggok meningkat drastis pada momentum Lebaran ini terutama pada hari Minggu (23/4/2023).

Pengelola Umbul Ponggok Agus Santosa menyebut hingga pukul 14.30 WIB pengunjung sudah mencapai hampir 1.500 orang. “Kalau hari biasa 200-300 orang, jadi ada kenaikan sampai lima kalinya,” papar Agus saat ditemui Solopos.com.

Advertisement

Agus mengatakan pengunjung kebanyakan dari luar kota atau warga asal Klaten yang tinggal di luar Klaten, seperti di Jawa Barat, Jakarta, maupun Surabaya.

Wahana foto underwater dan Umbul Ponggok walker menjadi favorit pengunjung, selain karena terjangkau dan mudah dilakukan, juga unik.

Umbul Ponggok walker menjadi satu-satunya wahana air tawar dengan alat pengaman helm dan memberikan sensasi berjalan di dalam air.

Pengelola sudah mengantisipasi lonjakan pengunjung antara lain dengan menambah pekerja dari biasanya 20 orang menjadi 30 orang.

Baca juga: Lebaran, Jukir dan PKL Jogja Jangan Nuthuk Harga

Pekerja tambahan tersebut ditempatkan di bagian pengamanan, tim pengawas di kolam, persewaan perlengkapan, dan bagian lainnya.

Pengelola juga menambah jam operasional yakni dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB berlaku sampai Minggu (30/4/2023). Pada hari-hari biasa, jam operasional dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Penambahan jam operasional disebabkan ada permintaan pengunjung yang luar biasa, yaitu dari banyaknya pengunjung yang datang bahkan saat Umbul Ponggok sudah memasuki jam tutup.

Agus memprediksi puncak kunjungan adalah pada hari Minggu dan Senin (24/4/2023).

Menurut Agus, kunjungan Lebaran 2023 ini juga jauh lebih tinggi dibandingkan Lebaran 2022. Sebab, tahun ini pandemi Covid-19 sudah terkendali sehingga masyarakat bebas berpergian tanpa syarat apa pun.

Pengunjung Umbul Ponggok, Valencia Febri Kristianti dan Khairunnisa Putri Sugiharso yang datang bersama keluarga dari Kabupaten Semarang mengatakan mereka baru kali pertama mengunjungi Umbul Ponggok untuk mengisi libur Lebaran.

“Seru main di Ponggok, fasilitas memadai, wahana permainannya banyak,” papar Valencia.

Hari itu dia mencoba wahana Umbul Ponggok walker. Dia senang karena bisa melihat banyak ikan dan berkesempatan memberi makan ikan.

View Underwater Menarik

Keponakannya, Khairunnisa, mengatakan dia dan keluarganya memilih berwista ke Umbul Ponggok karena view di dalam air menarik. Pengalaman memberi makan ikan juga memberinya tantangan baru.

Harga tiket masuk (HTM) Umbul Ponggok Rp15.000/orang. Sedangkan, tarif wahana foto underwater Rp60.000 untuk empat orang difoto selama 30 menit. Pelanggan mendapatkan file foto.

Sementara untuk wahana Umbul Ponggok walker dikenai biaya Rp150.000 per orang, termasuk softcopy foto dan video selama 20 menit di dalam air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Lifestyle
| Kamis, 18 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement