Advertisement

Ini Dia 4 Lokasi Wisata Kuliner Khas Bali di Jogja

Bernadheta Dian Saraswati, Tri Indah Lestari (ST22)
Sabtu, 06 Mei 2023 - 19:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Dia 4 Lokasi Wisata Kuliner Khas Bali di Jogja Sambal matah khas Bali. - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ingin liburan ke Bali untuk menikmati wisata kuliner khasnya tapi budget mepet? Tenang, Anda bisa melakukannya di Jogja.

Tak perlu jauh-jauh karena di Kota Gudeg ini ada warung makan yang menawarkan berbagai pilihan kuliner khas Pulau Dewata yang bisa dicoba.

Advertisement

Anda tidak perlu beli tiket Jogja-Bali pulang pergi yang cukup mahal itu, tidak perlu ambil cuti, tidak perlu sewa pemandu wisata, tetapi cukup jalan-jalan sendiri untuk wisata kuliner di Jogja dengan budjet yang pas-pasan. 

Jogja rasa Bali bisa kamu rasakan lewat wisata kuliner khas Bali dari tiga rekomendasi warung makan berikut ini:

1. Warung Makan Khas Bali Putra Mande

Mulai dari makanan khas Bali versi low budget dimana kalau daerah jawa punya nari rames, Bali punya nasi campur. Di warung makan ini nasi campur terdiri dari lauk seperti urap kacang panjang, telur balado setengah, pepes ayam, ayam bumbu kuning, dan se-iris ikan asin. Seporsinya terbilang cukup terjangkau yakni seharga Rp17.000 saja.

Baca juga: 6 Cara Hilangkan Komedo di Wajah, Dijamin Tidak Kembali Lagi

Selain nasi campur ada pula menu andalan lain yang patut di coba yakni nasi jinggo dan sate lilit tuna. Nasi jinggo sendiri ialah nasi kucing versi Bali yang dibungkus dengan daun pisang.

Jika ingin wisata kuliner dengan cita rasa yang dominan pedas ini kamu bisa datang mulai pukul 06-00 hingga 20.00 di Jalan Namburan Kidul No. 10 Panembahan, Kraton, Yogyakarta atau sebelah timur Alun-Alun Kidul, Jogja.

2. Devero Betutu dan Pepes Tuna

Betutu ialah panganan khas Bali yang begitu populer di Nusantara. Rasa-rasanya belum lengkap jika berwisata kuliner Bali tanpa menjajal betutu. Satu resto yang mesti dicoba ialah Devero Betutu dan Pepes Tuna, berada di Jalan Prof. Herman Yohane, Ruko Jl. Sagan No.1076, Yogyakarta atau utara Galeria Mall.

Terbuat dari ayam kampung menambah cita rasa gurih pada olahan betutu ini. Pepes tuna dan sate lilitnya pun tak kalah enak nan nikmat, apalagi harganya pun termasuk terjangkau yakni mulai dari Rp13.000-Rp47.000 saja.

Terlalu mager ke lokasi? Tenang kini Devero Betutu dan Pepes Tuna sudah bisa dipesan melalui aplikasi ojek online, resto sendiri buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

3. Ikan Bakar Legian Khas Bali

Jimbaran dan Legian ialah dua lokasi yang populer untuk melakukan wisata kuliner seafood di Bali. Olahan seafood seperti ikan, kerang, cumi, maupun udang dengan bumbu Khas Bali ini bisa kamu rasakan di resto Ikan Bakar Legian Khas Bali.

Anda cukup mendatangi lokasinya di Jalan Magelang No.100, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta. Menunya begitu beragam tentunya menu andalan ialah aneka olahan seafood bakar dengan pilihan bumbu Legian atau Jimbaran, ada pula makanan khas Bali lain seperti nasi jinggo, sate lilit, hingga lawar.

Kisaran harga masakan di resto ini dibanderol dari Rp25.000-Rp200.000 tergantung ukuran porsi olahan seafood yang dipilih. Buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

4. Iga Sapi Bali

Bagi yang suka olahan iga, Iga Sapi Bali menyajikan wisata kuliner berbahan iga dengan citarasa Bali. Bumbu Balinya yang khas sangat menggoyangkan lidah dan membuat pengunjung selalu ingin kembali. 

Tidak hanya iga bakar, Iga Sapi Bali juga menyediakan olahan ayam betutu, bebek goreng Bali hingga plecing kangkung. Lokasi rumah makannya berada di di Jalan Umbul Permai, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. 

Anda bisa datang ke sini antara pukul 10.00-21.00 WIB. 

Selamat menikmati wisata kuliner khas Bali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Akhirnya DPUP-ESDM DIY Mulai Sosialisasi Normalisasi Tanjakan Clongop Pekan Depan

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement