Advertisement

Bagian dari Wisata di Jogja, Kaliurang Dapat Tambahan Sarana Atraksi

Newswire
Jum'at, 12 Mei 2023 - 14:37 WIB
Maya Herawati
Bagian dari Wisata di Jogja, Kaliurang Dapat Tambahan Sarana Atraksi Kera di Objek Wisata Tlogo Putri Kaliurang - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kawasan wisata Kaliurang selama ini terkenal menjadi bagian dari destinasi wisata di Jogja yang jadi incaran wisatawan. Kini kawasan wisata Kaliurang dapat tambahan sarana atraksi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Penyerahan bantuan sarana atraksi di lakukan di kawasan wisata Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, untuk meningkatkan kualitas sarana atraksi di kawasan tersebut.

Advertisement

"Secara resmi dukungan sarana atraksi tersebut diserahkan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr Frans Teguh di Kawasan Wisata Gardu Pandang Kaliurang pada Kamis [11/5]," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Jumat (12/5/2023).

Menurut dia, dukungan sarana atraksi tersebut berupa penambahan empat set peralatan olahraga luar ruang yang akan ditempatkan di kawasan Gardu Pandang Kaliurang dan tiga unit bebek air beserta alat pengaman berupa pelampung yang akan ditempatkan di embung Tlogoputri Kaliurang.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kemenparekraf yang telah memberikan dukungan sarana atraksi di kawasan wisata Kaliurang," katanya.

BACA JUGA: 4 Pesona Wisata Alam di Perbukitan Jogja, Ada Negeri di Atas Awan

Ia mengatakan, dengan bantuan tersebut destinasi wisata Kaliurang diharapkan akan semakin diminati wisatawan, karena semakin banyak alternatif dan sarana pendukung pariwisata yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan.

"Selain Kaliurang memiliki peninggalan kesejarahan yang tinggi berupa cagar-cagar budaya jaman Belanda, pada saat ini juga sudah banyak tumbuh destinasi pendukung lainnya yang dikembangkan oleh pihak swasta maupun oleh masyarakat berdasar pengembangan pariwisata berbasis komunitas," katanya.

Destinasi pendukung tersebut di antaranya Suraloka Zoo, Kaliurang Park, Tankaman Natural Park, dan Nawang Jagad, dan lainnya.

"Kami juga mengharapkan sinergi dan kolaborasi antara pemangku kepentingan pariwisata dan semua lapisan masyarakat khususnya di kawasan Kaliurang lebih ditingkatkan lagi dalam upaya menciptakan kualitas destinasi yang unggul," katanya.

Ishadi mengatakan, serah terima dukungan sarana atraksi dari Kemenparekraf kepada Pemerintah Kabupaten Sleman tersebut juga dimeriahkan dengan atraksi pembuka berupa kesenian jathilan dari Sanggar Waskita Budaya yang menampilkan fragmen dengan judul Satyatama.

Fragmen tersebut menggambarkan tokoh pejuang bangsa Nyi Ageng Serang yang merupakan prajurit wanita berjiwa pemberani dengan senjata bambu runcing melawan penjajahan.

"Jiwa semangat yang membara perlu ditiru dan diimplementasikan dalam membangun bangsa, termasuk dalam mengembangkan sektor pariwisata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Awas Migrain Terkait Erat dengan Meningkatnya Risiko Stroke

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement