Advertisement

3 Tempat Wisata Jogja yang Sempurna bagi Pemburu Sunset

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 23 Mei 2023 - 13:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Tempat Wisata Jogja yang Sempurna bagi Pemburu Sunset Sunset di Pantai Pok Tunggal, Tepus, Gunungkidul beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Panorama lanskap Jogja tak pernah gagal mengobati rasa penat bagi siapapun. Bukan hanya panorama perbukitan maupun area sawah, pemandangan pantai di sepanjang wilayah Bumi Mataram juga memesona. Setiap panorama itu sering kali dipadukan dengan keelokan senja saat matahari terbenam atau sunset

Berbicara soal sunsetJogja sendiri punya tempat-tempat khusus yang patut dikunjungi bagi kamu yang gemar berburu sunset dan senja, berikut rekomendasinya:

Advertisement

1. Pantai Baros

Lokasi berburu sunset ini sering kali sepi sehingga aktivitas merenung terasa lebih syahdu di Pantai Baros yang dikelilingi rerumputan hijau atau sabana. Jika beruntung, kamu bisa melihat sekelompok burung kuntul beterbatangan di atas pohon mangrove.

Lokasinya yang terletak di hilir sungai Opak membuat aliran air bergerak perlahan menuju pantai selatan. Selain menikmati sunset di tepi pantai kamu juga bisa berkeliling menaiki perahu mengitari area sekitar pantai.

Baca juga: Catat! Ini Wisata Tersembunyi di Kaliurang yang Layak Dikunjungi

Tak puas sekadar merenung lokasi ini juga cocok untuk berkemah. Masuk ke lokasinya yang berada di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta cukup membayar Rp10.000 saja.

2. Bukit Paralayang Watugupit

Kali ini menikmati keindahan sunset dari dataran tinggi atau kawasan perbukitan bisa dilakukan di ketinggian sekitar 900 mdpl yakni di Bukit Paralayang Watugupit. Kamu akan disajikan keindahan matahari terbenam yang sinarnya terpantul di laut pantai selatan dan hamparan hitam pasir pantai Parangtritis dari atas.

Jadi lokasi favorit berburu sunset membuat lokasi ini selalu ramai dikunjungi baik oleh warga lokal maupun wisatawan. Letaknya berada di Area Hutan Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul dan akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp.5.000 per orang.

3. Embung Nglanggeran

Berada di kawasan Gunung api purba, embung Nglanggeran sedikit berbeda dengan embung lainnya karena berada di ketinggian bukit gunung Gandu. Saat senja tiba permukaan air seketika memantulkan cahaya lembayung yang menyihir para penikmatnya.

Waduk mini ini sengaja dibangun untuk membantu mengairi kebun buah durian dan kelengkeng di sekitarnya. Embung ini berlokasi di Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta kamu perlu membayar Rp10.000 untuk masuk ke spot menikmati keindahan sunset ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Berikut Daftar Ucapan Hari Kartini yang Dirayakan Setiap 21 April

Lifestyle
| Sabtu, 20 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement