Advertisement

5 Rekomendasi Spot Sunset Terbaik di Jogja, Lengkap dengan Tiket Masuknya

Daffa Firdaus Najati/ST20
Sabtu, 05 Maret 2022 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
5 Rekomendasi Spot Sunset Terbaik di Jogja, Lengkap dengan Tiket Masuknya Sunset di Bukit Paralayang Watugupit. - Instagram @watugupityk

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABerwisata di Jogja sambil menikmati pemandangan Matahari terbenam bisa menjadi pilihan yang tepat.

BACA JUGA: Ke Pasar Kangen Yuk! Berburu Kuliner Tempo Dulu dan Barang Antik

Advertisement

Beberapa Spot sunset di Jogja menawarkan keindahan yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan. Berikut daftarnya:

Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit merupakan spot terbaik untuk menikmati indahnya Matahari terbenam di Jogja. Dari ketinggian bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan tenggelamnya Matahari dengan pemandangan lautan yang terhampar luas. Bukit dengan ketinggian sekitar 900 mdpl ini  menghadap ke arah hamparan pasir Pantai Parangtritis terlihat jelas dari atas.

Jika ingin menikmati sunset di bukit ini, wisataean disarankan untuk datang lebih awal. Jika terlalu sore, tempat ini sudah ramai  dan pengunjung sulit untuk mendapatkan tempat duduk.

Lokasi Bukit Paralayang Watugupit berada di Area Hutan Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul. Tiket masuk bukit seharga Rp5.000 di luar biaya parkir dan lainnya.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko terletak sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan, tepatnya di Jl. Raya Piyungan-Prambanan, No.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Candi ini berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 195.97 mdpl. Kamu bisa menikmati sunset dengan menaiki salah satu bangunan candi agar terlihat lebih jelas. Jika cuaca sedang bagus, cahaya keemasan akan tampak berkilau indah dan suasana romantis inilah yang menjadikan salah satu daya tarik Candi Ratu Boko.

Adapun tiket masuk Candi ini dibanderol dengan harga Rp40.000 untuk usia diatas 10 tahun per orangnya, dan Rp20.000 untuk usia 3-10 tahun.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat tidak seperti pantai-pantai di Gunungkidul pada umumnya, karena pantai ini tidak memiliki area berpasir. Pantai ini bertipe tebing karang dengan suara deburan ombak di bawahnya dan memiliki ciri khas pohon tunggal yang tumbuh di tepi tebing pantai ini. Area ini masih sepi pengunjung, sehingga kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan tenang dan nyaman. Jika kamu hobi berkemah, kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di area rumput Pantai Kesirat ini.

Lokasi Pantai Kesirat berada di Girikarto, Panggang, Gunungkidul. Hanya dengan mengeluarkan Rp5.000, kamu sudah bisa masuk ke area Pantai Kesirat untuk menikmati sunset yang menakjubkan.

Candi Ijo

Candi Ijo dikenal sebagai candi dengan lokasi tertinggi di Jogja, karena candi ini terletak di atas bukit dengan ketinggian mencapai 357-395 mdpl dan menawarkan pemandangan kota yang tak kalah memukau. Dengan membayar Rp10.000 kamu sudah bisa menikmati pemandangan candi dengan sunset yang indah dari ketinggian.

Candi Ijo terletak di Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman, atau berada 4 km dari Candi Ratu Boko.

Puncak Sosok

Puncak Sosok menawarkan pemandangan landscape Kota Jogja 360 derajat. Berburu foto menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan spot ini. Sore hari menjelang matahari terbenam adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata Puncak Sosok, karena sunset akan terlihat sangat indah dan menakjubkan. Ditambah, pengunjung hanya diminta membayar biaya tiket masuk dengan sukarela, tidak dipatok tarif tertentu.

BACA JUGA: 5 Lokasi Wisata Terbaik untuk Menikmati Sunrise di Jogja, Lengkap dengan Tarifnya

Ada banyak fasilitas yang diberikan wisata satu ini, di antaranya adalah gazebo, aula, tempat duduk, spot foto instagramable, warung makan, hingga panggung live music.

Lokasi Puncak Sosok berada di Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:12 WIB

Advertisement

alt

Perawatan dan Pengobatan Penyakit Kronis Pada Lansia

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 08:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement