Advertisement

Ini Daftar Wisata Sungai di Jogja! Bisa Jadi Referensi Libur Akhir Pekan

Sunartono
Jum'at, 01 September 2023 - 20:37 WIB
Sunartono
Ini Daftar Wisata Sungai di Jogja! Bisa Jadi Referensi Libur Akhir Pekan Wisatawan berkunjung ke Ekowisata Sungai Mudal, Selasa (21/6/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Wisata sungai atau wisata berbasis air alami banyak bermunculan di DIY. Jumlah kunjungannya pun terus meningkat. Wisata ini banyak dikembangkan masyarakat yang memiliki potensi alam berbasis air.

Berikut adalah daftar wisata sungai di Jogja :

Advertisement

1. Sungai Mudal

Berada di Banyunganti dan Gunungkelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Pengelola Ekowisata Sungai Mudal, Mudi Heriyanto menerangkan hampir sekitar tujuh tahun beroperasi, Sungai Mudal terus berbenah dan berkembang. Sejumlah sarana yang dulu sederhana terus dibangun demi keamanan dan kenyamanan wisatawan.

BACA JUGA : Desa Dlingo Ingin Kebut Pembangunan Air Terjun Lepo

Di masa pandemi yang tengah melandai ini, kunjungan wisata di Sungai Mudal justru mencapai titik puncaknya. Pada libur Lebaran yang lalu kunjungan wisata mampu mencapai 1.500 per hari.

Padahal saat awal dibuka, pengunjung hanya sekitar 100-an orang, itu pun saat di akhir pekan. Kini capaian 100-200 orang hampir memadati setiap harinya. Sungai Mudal. "Secara bulanan pernah mencapai 5.000 wisatawan, kalau ada libur bisa lebih lagi," tandasnya.

2. Air Terjun Sidoharjo

Kulonprogo ternyata menyimpan air terjun tertinggi se-DIY yakni Air Terjun Sidoharjo. Debit air yang cukup deras mengalir dari tebing dengan tinggi sekitar 75 meter. Saat bias cahaya matahari dan percikan air terjun menyatu tak jarang tercipta pelangi mini di atas kolam.

Masih jarang dikunjungi wisatawan tak heran jika akses jalannya cukup sulit untuk sampai ke lokasi. Saat tiba di lokasi parkir terdekat, kamu masih perlu berjalan kaki sekitar 10 menit baru dapat mengobati rasa lelah sepanjang perjalanan. Penasaran dengan kelokan Air Terjun Sidoharjo kamu bisa datangi lokasinya di Sumoroto, Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo.

3. Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Putat, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Tempat wisata ini mulai dipopulerkan sejak 2011 silam. Ketika itu belum banyak fasilitas umum tersedia di Kawasan wisata ini.

Namun masyarakat setempat dengan gigih bahu membahu bergotong royong membangun kawasan itu hingga saat ini menjadi populer sebagai air terjun yang menarik. Bahkan foto-foto keindahan air terjun ini sudah berseliweran di medsos selama beberapa tahun terakhir.

Keberadaan air terjun yang berada di bebatuan karang merupakan salah satu fenomena geologi, mengingat Gunungkidul menjadi salah satu kabupaten dengan potensi besar geopark karena banyaknya bentang alam Kawasan karst. Air Terjun Sri Gethuk memiliki ketinggian mencapai 25 meter yang berasal tiga sumber mata air yang mengalir menuju ke Kawasan air terjun ini. Bahkan air terjun Sri Gethuk tidak pernah kering musim kemarau.

Wisata air terjun ini berjarak sekitar 19 kilometer dari Kota Jogja, bisa ditempuh perjalanan sekitar satu jam untuk kondisi normal atau tidak macet. Anda bisa melewati Jalan Jogja-Wonosari menuju Piyungan dan masuk ke area Gunungkidul melewati Patuk. Selanjutnya terus ke arah menuju Playen Gunungkidul, setelah tiba di Persimpangan Gading, Playen kemudian berbelok ke kiri, nanti sudah ada petunjuk menuju kawasan wisata tersebut. Jalan menuju tempat wisata ini sudah bagus dan bisa diakses dengan kendaraan roda empat.

4. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun ini berasal sebuah gunung kapur di antara Kulonprogo dan Purworejo membuat warna air dan batuan kian menarik. Dalam satu lokasi ada lima kedung atau kolam dengan kedalaman yang berbeda yakni Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, dan Kedung Merang. Letaknya ada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.

5. Air Terjun Lepo

Lepo kepanjangan dari Ledok Pokoh berada  di Dusun Pokoh Jalan Pokoh, Dlingo, Kabupaten Bantul. Di sini ada tiga air terjun yang berbeda dengan kedalaman kolam yang berbeda, mulai dari kedalaman 90 cm hingga kedalaman 2 meter.

6. Blue Lagoon

di Desa Wisata Blue Lagoon Tirta Budi di Dusun Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Jarak dengan pusat Kota Jogja tak lebih dari 20 kilometer. Jika ditempuh dengan kendaraan roda dua membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit.

BACA JUGA : Kunjungi 4 Pesona Alam Air Terjun di Jogja

Lokasi Blue Lagoon berada di wilayah Sleman bagian timur. Kendati berada di sebuah perkampungan, tetapi aksesnya cukup mudah. Kamu dapat melewati Jalan Kaliurang Km 13,2 lalu belok ke kanan sejauh 6 km, atau melalui Stadion Maguwoharjo ke utara sekitar 7 km.

Objek wisata ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang berasal dari kota, yang merindukan suasana keasrian desa. Salah satu keunggulan Desa Wisata Blue Lagoon adalah pemandiannya yang bernama Tirta Budi. Pemandian ini sebenarnya hanya sebuah dam atau tanggul yang oleh warga kemudian dipercantik seiring banyaknya wisatawan yang berdatangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

13.500 Anak Ayam di Paliyan Gunungkidul Hangus Terbakar

Gunungkidul
| Minggu, 27 Oktober 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Bisa Picu Kelumpuhan, Kenali Gejala-Gejala Polio sejak Usia Dini

Lifestyle
| Minggu, 27 Oktober 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement