Advertisement

Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja dengan Bujet Rp50.000? Simak Info Ini

Mediani Dyah Natalia
Rabu, 18 Oktober 2023 - 13:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja dengan Bujet Rp50.000? Simak Info Ini Ilustrasi Stasiun Tugu Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wisata dekat Stasiun Tugu Jogja sangat cocok bagi kamu yang hanya punya waktu beberapa jam singgah di Jogja. Dengan bekal Rp50.000, kamu bisa jalan, makan kenyang dan bawa oleh-oleh. Lokasi mana yang bisa dikunjungi?

Baca Juga: 6 Desa Wisata di Jogja, Bisa Jadi Referensi Liburan

Advertisement

1. Malioboro
Sebagai kawasan terkondang di Yogyakarta, tentu Malioboro jadi lokasi wajib kunjung. Caranya, kamu tinggal cari pintu keluar Stasiun Tugu, berjalan ke arah kiri atau timur hingga menemukan papan bertuliskan Jalan Malioboro.

Kalau sudah seperti ini, silakan susuri Malioboro dari ujung jalan tersebut hingga ke arah selatan atau Alun-Alun Utara.

2. Teras Malioboro 1 dan 2
Bagi kamu yang punya waktu maksimal dua jam, mending langsung ke sini. Teras 1 dan Teras 2 merupakan lokasi terpusat para pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya berada di trotoar Malioboro.

Kini mereka sudah dipindahkan ke tempat yang lebih kondusif. Jenis jualannya pun beragam. Di sini kamu bisa membeli oleh-oleh dari yang barang khas Jogja hingga makanan.

Sekadar tips, kalau ingin beli barang coba tawar dulu untuk mendapatkan harga miring. Dimulai dari setengah harga. Akan lebih baik jika kamu bisa bahasa Jawa. Untuk bakpia, harga satu kardus mulai dari Rp20.000.

Jika ingin makan siang, para pedagang di Teras Malioboro diwajibkan mencantumkan menu. Bila tidak menjumpai, sila tanya ke pedagang. Makanan yang dijual di Teras Malioboro mulai dari Rp5.000.

3. Makanan Khas
Bagi yang ingin jajan atau bersantap di sepanjang Malioboro, Harianjogja.com memiliki referensi buat kamu. Gudeg Mbah Lindu mulai dari Rp15.000, Pempek Kamto mulai dari Rp11.000, Lumpia Sami Jaya mulai dari Rp6.000.

Nasi Kuning Muna Chung yang terletak di selatan Pasar Patuk cocok bagi kamu yang suka makanan bercitarasa otentik. Harga yang dibandrol di sini memang agak mahal dibanding makanan sejenis, mulai dari Rp15.000 untuk lauk minimalis.

Rasanya? Kalau yang beli rela antre 15-20 menit demi menikmati makanan tersebut, kira-kira bagaimana ya rasanya? Penasaran? Datangnya agak pagi ya. Jangan kaget kalau penjual belum datang tapi antre mengular. Kalau sudah merasakan, bakal tahu kok apakah penantian panjang itu worth it atau tidak.

4. KS Tubun Pusat Oleh-Oleh
Sebagai pusat bakpia di Jogja, KS Tubun juga menyediakan beragam oleh-oleh bagi. Dari makanan ringan hingga lauk kering. Bagi yang ingin cari rasa yang familar, mungkin bisa memilih merek yang cukup lama seperti Bakpia 25. Namun bagi yang suka menjajal rasa baru, deretan toko di KS Tubun bisa jadi pilihan.

5. Pasar Beringharjo
Kalau ini sih gudangnya dari segala sesuatu. Mau makan, batik, beli oleh-oleh atau cari sesuatu yang old school alias kuno, di sini tempatnya. Harganya pun bervariasi. Kamu juga bisa beli suvenir eceran, lusinan hingga kodian. Tinggal pilih sesuai bujet.

Soal kuliner, coba satai kere, empal Bu Warno, Soto Pites Mbah Galak, Soto Bu Pujo, Gado-Gado Bu Hadi, Dawet Mbah Hari, Mi Nyemek Bu Iyah dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Empat Rekomendasi Objek Wisata Murah-Meriah di Jogja

6. Shopping Center
Kawasan ini cocok bagi kamu yang suka baca. Mau cari buku bekas atau baru di sini ada. Bahkan mereka juga menyediakan majalah, koran lama.

7. Kawasan Pecah Belah
Sisi timur Pasar Beringharjo adalah surganya pecah belah. Kamu tinggal pilah pilih sesuai selera dan bujet. Ada Progo, Remujung, Fortuna dan deretan toko kecil yang bisa kamu pilih.

8. Pecinan
Khusus kawasan Pecinan di sisi Malioboro barat ada Jalan Pajeksan, di sini kamu bisa temukan beragam aksesoris China. Kalau di sisi timur atau Jalan Ketandan, ada sebuah Museum Kapten Tan Jin Sing di Kampung Ketandan hingga deretan toko emas.

9. Taman Sari
Pesona Taman Sari sih sudah tidak usah dipertanyakan. Harga tiketnya juga murah, mulai dari Rp5.000.

Kalau sudah ke sini dan merasa lapar, jalan deh ke arah utara atau sisi kiri gang masuk Taman Sari. Berjalan hingga kamu menemukan pohon besar di kanan jalan. Lalu berbelok lah ke arah kiri atau barat sampai menemukan pintu masuk Pasar Ngasem.

Di sisi kananmu, kamu bisa menemukan jajanan jadul dengan harga Rp1.000 dan sudah dibungkus kecil-kecil. Tak puas? Coba berjalan ke sisi kirimu. Di sana ada beragam jajanan pasar yang bisa kamu pilih.

Ingin yang khas? Coba apem di sana. Dimasaknya masih tradisional dan harganya mulai dari Rp3.5000. Kalau sangat lapar, di lokasi ini ada beberapa penjual yang menjajakan aneka sayur tradisional yang bisa dipadukan dengan nasi atau bubur. Enggak bawa uang tunai? Tenang mereka ada QRIS.


10. Budaya dan Tradisi
Soal peninggalan sejarah kamu bisa ke Kraton, Museum Kereta hingga Museum Sonobudoyo. Secara reguler, Museum Sonobudoyo memiliki agenda tertentu, coba cek web atau media sosial mereka sebelum bertandang. Siapa tahu kamu bisa jadi pengunjung beruntung untuk menikmati suatu pertunjukan seni dan budaya.

Selain itu coba deh ke Taman Budaya Yogyakarta atau disingkat TBY. Lokasi ini pusatnya kegiatan budaya dan tradisi di Jogja. Ragam kegiatannya pun beragam setiap waktu. Sila melihat web atau media sosial Dinas Kebudayaan DIY atau TBY untuk keterangan lebih lanjut.

Bagaimana? Siap berpetualang di Jogja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca di Jogja Jumat 27 September 2024, Sebagian Wilayah di DIY Turun Hujan

Jogja
| Jum'at, 27 September 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Bahan Parfum Bisa Memicu Alergi

Lifestyle
| Kamis, 26 September 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement