Advertisement

Ilmuwan Temukan Sungai Paling Gelap di Dunia

Lajeng Padmaratri
Minggu, 22 Oktober 2023 - 21:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Ilmuwan Temukan Sungai Paling Gelap di Dunia Sungai Ruki di Afrika jadi sungai tergelap di dunia. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sungai di Afrika bernama Ruki dijuluki sebagai sungai paling gelap di dunia oleh para ilmuwan. Gelapnya sungai ini bukan dari pencemaran, melainkan larutan organik dari hutan di sekitarnya.

Ruki merupakan anak sungai Kongo, terletak di Republik Demokratik Kongo, Afrika Tengah. Sungai ini punya air yang sangat gelap, hingga seseorang yang berkaca di atasnya tidak bisa melihat bayangannya.

Advertisement

BACA JUGA: Bikin Takjub, Ada Warung Tergantung di Tebing Besar China

Melansir Oddity Central, para ilmuwan menyimpulkan bahwa air berwarna gelap itu disebabkan oleh tingginya kadar bahan organik terlarut dari hutan hujan di sekitarnya. Para ilmuwan menemukan bahwa warna tersebut disebabkan oleh senyawa kaya karbon yang terlarut dari sisa tanaman yang membusuk dan terbawa ke Sungai Ruki oleh air hujan dan banjir.

Dr Travis Drake, penulis utama studi ilmiah yang diterbitkan baru-baru ini, mengatakan bahwa Ruki seperti “teh hutan” yang diseduh dari tanaman kaya karbon. Warna air yang dihasilkan membuat Ruki lebih gelap dibandingkan Rio Negro, sungai di Amerika Selatan yang dijuluki “Sungai Hitam” karena berwarna serupa teh kental.

BACA JUGA: Fenomena Alam Tidak Biasa, Ada Sungai dengan Aliran Air Berwarna Merah Darah

“Senyawa organik yang terlarut dari vegetasi ini menyerap cahaya, jadi semakin tinggi konsentrasinya, air akan tampak semakin gelap. Ini seperti menyeduh teh dengan konsentrasi ekstra menggunakan banyak kantong teh,” ujar Dr. Drake. 

Dengan menggunakan sistem pengukuran, tim ilmuwan ETH Zurich di Swiss menemukan bahwa Ruki 1,5 kali lebih gelap daripada Rio Negro di Amazon. Dan meskipun Ruki hanya menempati seperduapuluh dari Basin Kongo, hal ini memberikan gambaran seperlima dari seluruh karbon terlarut di Kongo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jumlah Pendaftar PPK untuk Pilkada di Bantul Melebihi Kebutuhan

Bantul
| Selasa, 30 April 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Kenali Keuntungan Terapi Berendam Es ala Atlet Profesional

Lifestyle
| Senin, 29 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement